Glutera News

Berapa Kali Harus Cuci Muka dalam Sehari saat Berjerawat?

Minggu, 25 Agustus 2019 - 15:33 | 579.86k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cuci muka sudah menjadi rutinitas harian yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika jerawat di wajah sedang banyak-banyaknya. Tentu Anda tidak ingin kotoran di muka semakin menumpuk, kan? Tapi tunggu dulu! Sudah tahu aturan cuci muka saat wajah sedang berjerawat itu sebaiknya harus berapa kali?

Mencuci muka memang membantu membersihkan wajah dari minyak dan kotoran dan berlebih. Namun, terlalu sering mencuci muka saat berjerawat justru tidak disarankan.

Tidak menutup kemungkinan seberapa sering Anda mencuci wajah juga menjadi penentu kemunculan jerawat. Pasalnya, kombinasi air dan sabun lama-lama bisa menghilangkan lapisan minyak alami wajah (sebum). 

Pada akhirnya, kulit akan kering dan teriritasi sehingga kemudian merespon kerusakan ini dengan memproduksi lebih banyak minyak. Sebab normalnya, minyak tersebut berperan penting sebagai pelembab, pelindung, serta penjaga kekenyalan kulit wajah.

Di samping itu, terlalu sering mencuci wajah saat berjerawat juga bisa merusak lapisan asam kulit. Lapisan ini terdiri dari minyak alami serta bakteri baik yang membantu menjaga kulit tetap sehat. 

Berapa Kali Sehari Harus Mencuci Muka saat Berjerawat?

Jerawat disebabkan oleh berbagai faktor dari dalam dan luar diri, terlepas dari seberapa rajin Anda merawat kulit wajah. Mulai dari karena kulit wajah yang sensitif, sedang PMS, perubahan hormon di dalam tubuh, stres, pola makan, polusi, hingga ketidakcocokan dengan produk perawatan kulit tertentu. 

Nah, aturan harus berapa kali mencuci muka saat berjerawat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aturan umumnya. Sedang jerawatan atau tidak, Anda idealnya harus rajin cuci muka dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur. 

Tujuannya apalagi kalau bukan untuk membilas semua kotoran, minyak, debu, polusi, hingga riasan wajah. Akan tetapi, aturan tersebut mungkin akan sedikit berbeda jika Anda termasuk orang yang menghabiskan sebagian besar waktu untuk berkegiatan di luar ruangan. Jelas Anda akan lebih mudah berkeringat, terpapar sinar matahari, dan rentan terkena debu.

Dalam hal ini, sah-sah saja untuk menambah rutinitas mencuci muka di siang atau sore hari saat wajah sedang berjerawat. 

Pilih Sabun Khusus untuk Kulit Berjerawat

Lagi-lagi, pastikan Anda menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda saat ini. 
Hindari mencuci muka pakai sabun yang berbahan kimia keras saat berjerawat. Residu bahan kimia tersebut dapat meninggalkan sensasi kering dan kesat berlebih pada kulit setelah digunakan. Inilah yang semakin memicu kulit teriritasi. 

Sebagai gantinya, coba cari sabun cuci muka yang kaya kandungan pelembap sehingga membantu menenangkan kulit yang sedang berjerawat. Pastikan juga Anda tidak menggunakan sabun yang mengandung scrub. Bukannya meredakan jerawat, butiran scrub yang kasar malah akan mengiritasi kulit sekaligus memperparah masalah jerawat Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES