Peristiwa - Daerah

Meriahkan HUT ke-74 RI, Warga di Probolinggo Nobar Film G 30 S PKI

Meriahkan HUT ke-74 RI, Warga di Probolinggo Nobar Film G 30 S PKI Puluhan warga nonton bareng film G 30 S PKI, di Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:47

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Memeriahkan HUT ke-74 RI, puluhan warga masyarakat, tepatnya di Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar nonton bareng (nobar) film G 30 S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia), Sabtu (24/8/2019) malam.

Nobar tersebut dilaksanakan di halaman rumah warga setempat dengan menggunakan layar lebar berupa proyektor. Pertunjukan langsung langsung menyedot perhatian warga setempat. Pasalnya, dari pengakuan warga sudah lama tidak melihat film tersebut.

Musidin salah satu tokoh pemuda setempat mengatakan, selain memperingati HUT ke-74 RI, pertunjukan nobar film ini juga untuk memberikan pengetahuan sejarah kepada para masyarakat di Desa Sumber Katimoho, utamanya kepada pemuda setempat. 

“Para pemuda dan masyarakat antusias untuk menonton, sekaligus belajar tentang sejarah melalui pemutaran film G 30 S PKI ini,” katanya. 

Dikatakannya, banyak hal positif yang bisa diambil dari pemutaran film bersejarah ini,  mulai dari sejarah terbentuknya Indonesia, sampai pada pemberontakan partai komunis yang hendak merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada masa itu. 

“Kami berharap, selepas diselenggarakannya nobar film ini para masyarakat khususnya pemuda di sini, bisa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif,” ujar Musidin. 

Pagelaran nobar ini diapresiasi oleh pemerintah desa setempat , yakni Sekretaris Desa Sumber Katimoho, Probolinggo, Surahman.  Menurutnya, dalam momen kemerdekaan ini nonton bareng film G 30 S PKI ini adalah suatu hal yang tepat. Karena pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis untuk merongrong keutuhan NKRI tidak patut ditiru oleh para generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan. (*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration