Peristiwa Daerah

Cetak Generasi Berkarakter Islam, Kemenag Lobar Gelar Pentas PAI

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:33 | 94.23k
Kemenag Lobar saat melakukan pembukaan Pentas PAI tingkat Kabupaten Lobar (FOTO: Istimewa)
Kemenag Lobar saat melakukan pembukaan Pentas PAI tingkat Kabupaten Lobar (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Barat menggelar pentas pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat kabupaten Tahun 2019. Pentas PAI tersebut berlangsung Minggu (25/8/2019) di Aula Kantor Kemenag Lobar dengan tema "Keberagaman Generasi Yang Milenial yang Moderat".

Ketua Panitia H. Nasrullah mengungkapkan, terdapat 137 siswa yang turut serta, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang merupakan utusan dari KKG PAI SD Kecamatan dan MGMP Kabupaten. 

Sebanyak 5 lomba yang dipertandingkan, di antaranya Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ), Lomba Kaligrafi Islam (LKI) dan Lomba Seni Nasyid (LSN). Sedangkan untuk Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR), serta Cerita Islam (CERIS) yang langsung diseleksi melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam di Pusat. 

"Peserta Pentas PAI tahun ini merupakan siswa siswi dari sekolah umum yaitu dari SD, SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Lombok Barat yang mendapatkan juara 1 (satu) hasil diseleksi yang dilaksanakan oleh KKG maupun MGMP," ungkap Nasrullah. 

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat H. Jaelani, secara resmi membuka Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Kabupaten Lombok Barat tahun 2019. Tujuannya mempererat persaudaraan Muslim dan memberi motivasi pada peserta didik mengamalkan ajaran Islam lewat kompetisi.

"Pentas PAI ini penting untuk momentum memperkokoh niat dan sikap kita untuk mewujudkan bangsa berkarakter, terutama bagi generasi muda," ujar Jaelani yang pernah menjadi Pjs Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Tahun 2017.

Ia mengatakan, Pentas PAI dikemas dalam bentuk kompetisi agar dapat memberikan motivasi kepada peserta didik, supaya lebih bersemangat mempelajari dan mencintai pelajaran Pendidikan Agama Islam. 

"Pentas PAI ini juga dapat menumbuhkembangkan minat bakat serta kreativitas di bidang keterampilan dan seni PAI," ujar Kemenag Lobar H. Jaelani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Lombok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES