Kamis, 19 September 2019
Peristiwa - Daerah

Paku Alam X Yogyakarta Hadiri Muhibah Budaya Mataraman di Ponorogo

Paku Alam X Yogyakarta Hadiri Muhibah Budaya Mataraman di Ponorogo Wagub DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X hadiri Muhibah Budaya Mataraman di Ponorog.(FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:40

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Wakil Gubernur Yogyakarta KGPAA Paku Alam X beserta istri GKR Mangkubumi hadiri Muhibah Budaya Mataraman di Ponorogo, Sabtu (24/8/2019) malam.

Muhibah Budaya  Mataraman merupakan upaya merangkul merajut budaya yang berasal dari kerajaan Mataram dahulu yang masih hidup dan dilestarikan berkembang dan dipengaruhi oleh kebudayaan lokal sehingga menjadi puncak kebudayaan nasional. Demikian diungkapkan istri Wakil Gubernur Yogyakarta, GKR Mangkubumi putri Hamengkubuwono X.

Paku-Alam-X-Yogyakarta-2.jpg

Selanjutnya istri Paku Alam X tersebut juga mengungkapkan dengan diselenggarakannya Muhibah Budaya ini dapat membangun komunikasi dan silaturahmi antar wilayah khususnya Mataraman. Muhibah Budaya yang digelar Pemda DIY di Ponorogo ini merupakan program budaya yang diprakarsai Dinas Kebudayaan DIY.

"Muhibah Budaya di Ponorogo ini mengangkat tema Merajut Budaya Mataraman untuk Indonesia," ujar GKR Mangkubumi.

Sementara Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Pemerintah DIY untuk Ponorogo. Menurut Ipong, Ponorogo juga kaya akan budaya bukan hanya reog tetapi budaya dan kesenian yang lain juga banyak.

Paku-Alam-X-Yogyakarta-3.jpg

"Saya sangat senang dan bangga atas kedatangan KGPAA Paku Alam X dan GKR Mangkubumi di Ponorogo," tutur Ipong.

Bupati Ipong berharap dengan Muhibah Budaya tersebut bagi Ponorogo bisa berkesempatan meningkatkan dalam kemampuan diri dalam berkesenian dan berbudaya.

Muhibah Budaya Mataraman di Ponorogo diawali dengan pemuraran film, pameran cagar budaya, workshop tari, pentas rari klasik, dan pagelaran wayang kulit.

Selain KGPAA Paku Alam X dan GKR Mangkubumi, beberapa pejabat penting DI Yogyakarta juga hadir, dan dari Ponorogo juga hadir Wakil Bupati, jajaran Forkopimda Ponorogo dan beberapa kepala OPD Pemkab Ponorogo. (*)

Jurnalis : M. Marhaban (MG-90)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Registration