Peristiwa - Daerah

Prodia Mulai Kembangkan Layanan Pemeriksaaan Genomik

Prodia Mulai Kembangkan Layanan Pemeriksaaan Genomik Para pemateri memberikan pemaparan di Atria Hotel & Conference Malang (24/8/2019). (FOTO: Istimewa)
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:14

TIMESINDONESIA, MALANG – Masih minimnya pengetahuan tentang pemeriksaan Genomik, memotivasi Laboratorium Klinik Prodia mengadakan roadshow seminar dokter dengan tema "Good Doctor for Better Disease Prevention-Seminar on Disease Prevention Through The Power of Genomic Testing" di 18 kota besar. Salah satunya digelar di Kota Malang, pada Sabtu (24/8/2019).

Bertempat di Atria Hotel & Conference Malang, hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut, yaitu Prof. Gerald Pals, PhD, Prof. Dr. dr. H. Djanggan Sargowo, SpPD, SpJP(K), dr Dewa Ayu Liona Dewi, SpGK, M.Kes, Rina Triana, M.Farm, Apt  dan moderator Dr. dr. Dicky Kurniawan T, SH, SpPD FINASIM. Acara ini diadakan pada (24/8/2019).

Menurut Profesor Gerard Pals, dari University Medical Center, Amsterdam, Belanda, Genomik adalah sebuah bidang keilmuan yang yang mempelajari genom, untuk memahami bagaimana dan apa akibat dari interaksi antargen serta pengaruh lingkungan terhadap gen.

Manusia memiliki sekitar 100 triliun sel di dalam tubuhnya. Di setiap sel terdiri dari kromosom yang tersusun dari susunan DNA. Susunan DNA tersebut di setiap manuai 99,9% sama, namun terdapat 0,1% perbedaan.

"Perbedaan tersebut telah menghasilkan keragaman seperti tinggi badan, warna rambut, warna mata, warna kulit serta kerentanan terhadap penyakit," katanya.

Memasuki era Next Generation Medicine, Laboratorium Klinik Prodia memandang perlu untuk mengembangkan dan meluncurkan layanan baru di bidang Genomik. Produk tersebut dinamakan Prodia Genomik.

Pemeriksaan genomik dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, tergantung jenis pemeriksaannya. Misalnya memperkirakan risiko, diagnosis, monitoring serta pemilihan obat dan gaya hidup berdasarkan gen.

Layanan Prodia kini menggunakan teknologi terbaru seperti microarray dalam pemeriksaan Genomik. Sehingga saat ini, di Indonesia pemeriksaan Genomik tidak perlu dikirim ke luar negeri, tapi bisa dilakukan di Prodia. Pemeriksaan genomik, menyediakan cara baru dalam menilai risiko penyakit sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya pengobatan di kemudian hari. (*) 

Jurnalis : Widya Amalia (MG-197)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration