Pendidikan

Rektor Unisla: Wisudawan Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rektor Unisla: Wisudawan Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 Rektor Unisla, Bambang Eko Muljono memberikan penghargaan kepada salah satu wisudawan terbaik, Sabtu (24/8/2019). (Foto: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 13:54

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Ribuan Sarjana Strata 1 (S-1) dan Diploma Universitas Islam Lamongan (Unisla) yang diwisuda pada tahun 2019 ini, diminta untuk siap menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0

“Harus bersiap menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0, marena setelah lulus mereka kan bersaing dan persaingan sekarang sudah tidak ada batasnya,” kata Rektor Unisla, Bambang Eko Muljono, Sabtu (24/8/2019).

Wisuda-Unisla-2.jpg

Para alumni yang akan menghadapi persaingan di era revolusi industri 4.0, sebenarnya telah dibekali selama menempuh perkuliahan. Mereka dalam dalam dua tahun terakhir selalu diberi arahan untuk bisa memanfaatkan teknologi sesuai dengan disiplin ilmunya. 

“Misalnya seperti konsultasi secara online, kalau di bidang kesehatan itu mungkin dokter.com, anak peternakan juga demikian. Itu yang sudah kita bekali untuk anak-anak kita,” tuturnya. 

Maka demikian, kata Bambang, Unisla secara konsisten bisa menyumbangkan sumber daya manusia untuk menghadapi revolusi industri 4.0 ini. “Bangsa dan negara menunggu ide kreatif dan inovatif. Jadilah lulusan Unisla yang kerja cerdas, kerja mawas, dan kerja ikhlas,” ujarnya.

Wisuda-Unisla-3.jpg

Lebih lanjut Bambang mengatakan, momen wisuda menandai perjuangan baru para alumni Unisla. Apalagi sebagai sarjana dan ahli madya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari masyarakat lainnya. 

“Hari ini mulai menjadi mahasiswa dan ahli madya, mulai hari tanggung jawab sosial melekat di hari saudara sesuai dengan keilmuannya,” ucap Bambang. 

Menurut Bambang, dengan diwisudanya 1.056 wisudawan tahun ini, kampus yang kini menduduki rangking 409 dari 4.669 perguruan tinggi negeri dan swasta di indonesia, dikatakannya total telah meluluskan 16.568 sejak 16 tahun lalu. 

“Wisuda ke 16 kalinya, Unisla memberi bukti nyata, dengan menggelar wisuda dan 16.568 sudah diserahkan lulusannya kepada nusa dan bangsa,” katanya. 

Lebih jauh Bambang juga membeberkan, rangking Unisla di momen wisuda ini. “Kalau negeri dan swasta urutan,” tuturnya.

Wisuda-Unisla-4.jpg

Peningkatan rangking yang cukup pesat dari sebelumnya berada di posisi 764 dua tahun lalu menjadi bukti Unisla terus berbenah. “Salah satunya adalah inovasi, contohnya adalah hak cipta. Alhamdulillah dosen-dosen Unisla banyak menelurkan hak cipta,” ujarnya

Untuk terus meningkatkan mutu dan kualitasnya, di momen wisuda tahun ini, Unisla menerima penyerahan SK Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unisla oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII. 

Tak hanya itu, momen wisuda di era revolusi industri 4.0 ini juga dilakukan penandatanganan prasasti peresmian Kampus B Unisla di Paciran, dan penyerahan SK Lembaga Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah. (*)

Jurnalis : MFA Rohmatillah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Registration