Senin, 23 September 2019
Ketahanan Informasi

Unisma Malang - Lembaga Riset MRI-SAAS China Jalin Kerja Sama Bidang Peternakan dan Pertanian

Unisma Malang - Lembaga Riset MRI-SAAS China Jalin Kerja Sama Bidang Peternakan dan Pertanian Penandatangan naskah kerja sama oleh Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dengan Mr. Chen Kai, pimpinan Maize Research Institute Academy of Agricultural Sciences (MRI-SAAS), Shandong Province, the People's Republic of China, (FOTO: AJP TIMES Indonesi
Jum'at, 23 Agustus 2019 - 20:11

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma Malang) menjalin kerjasama dengan Research Institute Academy of Agricultural Sciences (MRI-SAAS), sebuah lembaga riset terkemuka di China.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Rektor Unisma Malang Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dengan Mr. Chen Kai, pimpinan Maize Research Institute Academy of Agricultural Sciences (MRI-SAAS) di ruang Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), Gedung Umar bin Khottob, Jumat (23/8/2019).

Kegiatan penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M, dan didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang, Dr Ir Budiar Anwar, M.Si. 

FGD.jpgKegiatan Focus Group Discussion dengan tema “Initiating Collaboration in Research on Agricultural and Livestock Production between UNISMA (Indonesia) and MRI-SAAS (China): Facilitated by Local Government of Malang Regency, di ruang sidang Rektorat lantai 2, Gedung Umar bin Khottob UNISMA

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama yang telah terjalin antara Pemerintah Kabupaten Malang dan Unisma Malang.

Sebagai kampus Nahdatul Ulama (NU) yang memiliki motto dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia, kegiatan kerja sama internasional ini merupakan upaya strategis untuk menguatkan peran Unisma Malang yang saat ini sedang berada pada milestone research university (2019-2023).

"Tujuan dari kerja sama penelitian ini adalah kerja sama dibidang pertanian dan peternakan yaitu penelitian di bidang peningkatan produktivitas Jagung dan Susu Sapi di Kabupaten Malang, ungkap Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Unisma Malang.

Dengan adanya kerja sama ini, Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan Plt. Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M, berharap agar hasil-hasil rencana kerja sama pengembangan penelitian oleh Unisma Malang dengan MRI-SAAS China ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang melalui peningkatan produksi pertanian dan peternakan.

FGD-unisma.jpgPemberian cinderamata dari Unisma Malang dan dari MRI-SAAS China.

Lebih lanjut, kepala kantor urusan Internasional (KUI) UNISMA, Dr. Imam Wahyudi Karimullah, MA, sebagai pemandu kegiatan Focus Group Discussion dengan tema “Initiating Collaboration in Research on Agricultural and Livestock Production between Unisma (Indonesia) and MRI-SAAS (China): Facilitated by Local Government of Malang Regency, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat KUI bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisma akan menindaklanjuti rencana kerja sama penelitian ini. Termasuk proses izin mitra luar negeri Unisma yang akan melaksanakan joint research dengan Unisma Malang.

Sebagai infromasi, MRI-SAAS telah memiliki reputasi penelitian unggulan tingkat dunia di bidang pertanian dan peternakan. Lembaga ini telah bekerja sama dengan berbagai negara di penjuru dunia, antara lain Australia, Eropa, Amerika, dan beberapa negara di Asia. 

Sebagai salah satu Lembaga penelitian di China saat ini MRI-SAAS telah memiliki kurang lebih 2000 staf dan kurang lebih 60 ilmuan/peneliti/professor yang mendukung perkembangan penelitian di bidang pertanian dan peternakan.

"Hal ini merupakan peluang positif untuk mendesain program program yang bias dikerja samakan bersama antara Unsima Malang , MRI-SAAS, dan Pemerintah Kebupaten Malang," ungkap, Dr. H. Mochtar Data, M.Pd (Sekretaris Dewan Pembina Yayasan UNISMA) yang juga hadir membuka kegiatan Focus Group Discussion dengan MRI-SAAS, China.(*)

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration