Peristiwa Daerah

Ratusan Perahu Nelayan Merah Putihkan Pesisir Utara Gresik

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:18 | 172.78k
Perahu yang dihias merah putih. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Perahu yang dihias merah putih. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Ratusan perahu milik nelayan Desa Campurejo, Kecamatan Panceng tampak berbeda. Perahu yang biasanya dipakai mencari nafkah itu dihias berwarna merah putih serta menghiasi pesisir utara Gresik.

Para nelayan sengaja menghias perahu mereka dengan ornamen serta mengecat perahu mereka dengan warna merah putih. Bahkan adapula, perahu yang mengibarkan bendera berukuran besar diatas perahu 

Hal itu membuat magnet masyarakat, ribuan masyarakat berkumpul di pesisir. Mereka penasaran dengan ratusan perahu yang dihias. Tak sedikit para masyarakat mengabadikannya di ponsel mereka.

nelayan-b.jpg

Ketua Rukun Nelayan, Daib mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Selain dipajang dipinggir pesisir, perahu nelayan ini pawai di sepanjang laut.

Daib mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-74 RI serta kegiatan petik laut. Total ada 198 perahu yang dihias merah putih.

"Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi pada rekan nelayan atas terselanggaranya rangkaian kegiatan petik laut tahun 2019," ungkapnya, Sabtu (24/8/2019).

nelayan-c.jpg

Daib berharap, kegiatan ini bisa menjaga kebersamaan dan kerukunan sehingga para nelayan bisa terus berkontribusi terhadap masyarakat serta stakeholder.

Tak kalah pentingnya, Daib menyampaikan terimakasih ke Satpolair Gresik yang berkenan menerjunkan anggotanya beserta sarana speed boot.

"Tadi juga ada perahu karet untukk menjaga keamanan dan keselamatan peserta lomba perahu hias," ujarnya. 

Sementara itu, Kasi Kenelayanan Dinas Perikanan, Zainal Abidin mengapresiasi jalannya lomba perahu hias tersebut. Dengan tema merah putih.

Menurutnya, agenda tahunan ini sangat baik serta kegiatan positif yang membawa dampak baik bagi kerukunan antar nelayan.

"Tentu kami mengapresiasi kegiatan ini, kegiatan tahunan selain menjadi hiburan masyarakat, kegiatan ini juga bentuk dan wujud kebersamaan nelayan khususnya di Campurejo, Gresik," imbuhnya di pesisir utara Gresik saat meninjau lomba perahu hias nelayan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES