Senin, 23 September 2019
Ketahanan Informasi

Melalui Program Hibah Pengabdian Masyarakat, UWG Malang Tingkatkan Kualitas Kerupuk Samiler

Melalui Program Hibah Pengabdian Masyarakat, UWG Malang Tingkatkan Kualitas Kerupuk Samiler Serah terima alat oleh pelaksana program PKM (bapak Dadang Hermawan, ST.,MT.), tengah kepada bapak Kusni Abas (pemilik UKM Samiler)Foto. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Jum'at, 23 Agustus 2019 - 14:14

TIMESINDONESIA, MALANGUWG Malang melalui program Hibah Pengabdian Masyarakat yang dikenal dengan skema PKM (Program Kemitraan Masyarakat) kerjasama antara LPPM UWG dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti membantu pengerajin kerupuk singkong atau samiler 'Mitra Lestari Jaya'.

Home industri milik Kusni Abas ini terdapat di  Desa Pecuk, Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Produk samiler ini dibuat dan dipasarkan secara sederhana. Meski demikian omzetnya terbilang cukup lumayan.

Dadang Hermawan, ST.MT., seorang dosen di Universitas Widyagama Malang memberikan bantuan bantuan mesin vaccum sealer dan timbangan digital, untuk mempercantik kemasan produk krupuk singkong.

LPPM-UWG.jpg

Kemasan dilengkapi dengan label atau merek yang menarik sehingga dapat meingkatkan nilai jual dam memperluas jaringan pasar. Selain itu juga Tim PKM yang diketuai Dadang memberikan pelatihan dan penyuluhan serta pendampingan seperti memberikan pelatihan tentang menghitung BEP (Break even Point), Iklan produk di media sosial.

Kusni Abas mengaku sangat senang dengan bantuan yang diberikan oleh Dadang Hermawan, ST.,MT. dari Universitas Widyagama Malang. "Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kai untuk meningkatkan produksi termasuk dari segi pemasaran, sekali lagi kami ucapkan terimakasih untuk UWG Malang," ungkapnya.

Sementara itu tim MONEV (Monitoring dan Evaluasi) dari LPPM Universitas Widyagama Malang yang meninjau ke lokasi UKM Krupuk Singkong 'Mitra Lestari Jaya'di Desa Pecuk Kabupaten Tulungagung. Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS. (Ketua LPPM UWG) mengapresiasi kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh Dadang Hermawan, ST.,MT.

Tim pelaksana berharap dapat mendorong UKM krupuk singkong samiler ini untuk mengembangkan produknya dan dapat memasarkan produk dengan tampilan kemasan yang lebih baik.

Tim pelaksana PKM dari UWG Malang nantinya tak sekadar memberikan bantuan fisik (peralatan mesin) saja tetapi juga pendampingan yang berkelanjutan kepada UKM. Sehingga kedepan bisa menjadi UKM yang besar dan berhasil dan dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pecuk Kabupaten Tulungagung. (*)

Jurnalis : Santoso (CR-058)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration