Sabtu, 21 September 2019
Kesehatan

Enam Pilihan Makanan Sehat yang Ampuh Membakar Lemak Tubuh

Enam Pilihan Makanan Sehat yang Ampuh Membakar Lemak Tubuh ILUSTRASI. (FOTO: IT's Buah)
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 04:20

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu kiat sukses menurunkan berat badan adalah dengan membakar lemak tubuh. Selain dengan olahraga, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membakar lemak tubuh. Berikut ini makanan sehat yang bisa membantu membakar lemak pada tubuh, dilansir dari NetDoctor.

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam kadar yang cukup tinggi. Buah yang kerap dijadikan jus ini bisa membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah dan mengurangi kadar gula darah. Selain itu alpukan juga bisa membantu tubuh memecah lemak.

Ada beragam yang menunjukkan bahwa makanan yang mampu menurunkan kadar gula darah. Seperti halnya alpukat dapat memaksa tubuh membakar lemak untuk melepaskan energi.

2. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan dan diketahui membantu membakar lemak. Jenis buah yang satu ini kaya akan serat dan air, yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Salah satu jenis beri yaitu blueberry memiliki kemampuan untuk mengatur pembakaran lemak dan penyimpanan lemak. Selain itu juga membantu mengurangi lemak perut.

3. Nanas

Nanas mengandung senyawa bromelain. Senyawa itu bekerja dengan enzim lain untuk membantu tubuh memecah dan mencerna lemak. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu menekan nafsu makan, dan itu dapat meningkatkan ekskresi lemak.

4. Telur

Telur kaya akan protein sekaligus rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk pembakaran lemak. Telur juga mengandung leusin, sejenis asam amino yang bertindak sebagai katalis dalam tubuh untuk membakar lemak dan menjaga massa otot.

5. Kacang almond

Sejumlah penelitian terkait kacang almond menunjukkan bahwa almond ternyata baik menurunkan berat badan Anda. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association memaparkan bahwa mengonsumsi 42 gram almond setiap hari bisa mengurangi kolesterol total dan lemak perut dalam tubuh. Hasilnya lingkar pinggang pun ikut mengecil.

6. Ikan salmon

Ikan salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi. Jenis ikan ini bermanfaat untuk menghilangkan lemak karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Ini juga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama.

Selain itu, salmon adalah makanan sehat sumber asam lemak omega-3 yang terbukti mampu mengurangi peradangan dan membantu membakar lemak. Studi menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi lemak perut, serta hormon stres kortisol, yang juga terkait dengan penyimpanan lemak. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration