Sabtu, 21 September 2019
Ketahanan Informasi

Bus Supercanggih Scania K410 Jetbus 3+ UHD Lengkapi Armada Bus Milik Universitas Muhammadiyah Jember

Bus Supercanggih Scania K410 Jetbus 3+ UHD Lengkapi Armada Bus Milik Universitas Muhammadiyah Jember WR II bersama UM Jember Trans Resmikan Tour Scania K410 Jet Bus 3+ UHD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Jum'at, 23 Agustus 2019 - 10:06

TIMESINDONESIA, JEMBERUniversitas Muhammadiyah Jember melalui unit bisnisnya yakni UM Jember Trans, saat ini telah memiliki empat armada bus. Satu unit di antaranya merupakan bus supercanggih yaitu Scania K410 Jetbus 3+ UHD.

Hal tersebut seperti yang dinyatakan oleh Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Jember Sulistio Adi Winarno, S.H. M.H. Sulistio menjelaskan bahwa Scania K410 Jetbus 3+ UHD merupakan bus paling canggih dan merupakan model terbaru di kelasnya. 

Kecanggihan bus Scania K410 Jetbus 3+ UHD di antaranya memiliki perangkat teknologi informasi (TI) yang terhubung dengan jaringan internet nirkabel alias WiFi, adanya perangkat perekam otomatis yang dapat merekam perilaku sopir dan penumpang, dan memiliki sistem hidrolik.

"Dengan hadirnya teknologi terbaru bidang transportasi di Universitas Muhammadiyah Jember ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa sebagai investasi sarana edukasi yang dapat dikombinasikan pada prodi-prodi yang berkaitan. Seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika," ujar Sulistio, Jember, Jumat (23/8/2019).

Resmikan-Tour-Scania.jpg

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi DESS menerangkan bahwa UM Jember Trans merupakan unit bisnis yang bergerak di bidang jasa transportasi, yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Jember.

“Berangkat dari statuta Universitas Muhammadiyah Jember yang menyatakan bahwa sumber  pendapatan universitas tidak hanya berasal dari mahasiswa, maka perlu adanya pengembangan di bidang lain. Saat ini, selain unit usaha air mineral Moyamu, UM Jember Trans dihadirkan sebagai unit usaha baru yang bergerak di bidang jasa transportasi milik Universitas Muhammadiyah Jember," kata Hazmi. 

“Saya berharap nantinya para ahli bus Scania ini bisa diundang di Universitas Muhammadiyah Jember untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang teknologi yang ada di dalam bus dan bisa mengamati secara langsung," harapnya.

Sebagai informasi, selain memiliki bus canggih Scania K410 Jetbus 3+ UHD, UM Jember Trans yang dipimpin oleh Bagus Indra Tj, SST. Par, M.Si tersebut juga memiliki 3 unit bus lain. Yakni 2 bus medium dan 1 bus besar kapasitas 56 penumpang. Oleh pihak pengelola, bus-bus tersebut disewakan untuk masyarakat dan digratiskan untuk kepentingan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. (*)

Jurnalis : Humas Unmuh Jember (CR-148)
Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration