Kesehatan Universitas Islam Malang

Mantapkan Program Internasional FEB Unisma Malang gelar Sharing Session

Jumat, 23 Agustus 2019 - 13:24 | 104.39k
Pembukaan Best Practice International Class Program FEB Unisma
Pembukaan Best Practice International Class Program FEB Unisma
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang menggelar sharing session dengan tema 'Best Practice International Class Program', Kamis (22/8/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung yayasan lantai 4 ini dalam rangka implementasi international class di Univeritas Islam Malang.
Acara ini dihadiri oleh Pembantu Rektor I bidang Akademik, Dekan dan Pembantu Dekan I  fakultas serta Ketua Pengelola International Undergraduate Program FEB UB Imam Subekti, SE, MSi, Akt, CA, PhD.

Dalam kesempatan tersebut dibedah pengalaman fakultas Ekonomi dan Bisnis UB dalam membuka kelas internasional. Dalam sambutannya   Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Nur Diana  menyatakan bahwa kelas internasional merupakan salah satu  bentuk implementasi rencana strategis Universitas Islam Malang menuju world class university.

FEB Unisma telah menjalankan berbagai program terkait hal ini diantaranya penerimaan mahasiswa asing (Thailand, Malaysia, Taiwan dan lainnya) melalui berbagai program seperti kuliah, inbound mobility program dan sebagainya.

Selain itu kegiatan visiting Profesor, seminar, guest lecture, konferensi  bersifat internasional, summerschool program dan student exchange.
Tak itu saja, dalam waktu dekat akan diperluas melalaui kegiatan KKN dan magang internasional, pembukaan kelas internasional serta membuka program Dual Degree.

FEB Unisma Malang telah mempersiapkan dukungan sarana dan prasana seperti keberadaan language center, pembukaan international Development Division maupun perangkat pembelajaran jarak jauh dengan Perguruan tinggi mitra di luar negeri.


Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Prof. Drs Junaidi Mistar PhD menyampaikan bahwa dalam milestone Unisma sudah dicanangkan bahwa 2027 Unisma Menyongsong Menjadi Worldclass.

"Maka sudah selayaknya menyambut tahun 2027 sudah dilakukan upaya - upaya internasionalisasi sebagaimana sudah dilakukan Fakultas Ekonomi sebagai the leading faculty di Unisma," ungkapnya.

Ia menambahkan, rintisan kelas internasional harus sudah diupayakan, maka dari itu kami berharap dengan kegiatan sharing session dapat menimbah best practise implementasi international class sebagaimana yg sudah berjalan di FEB UB.Saat ini Unisma juga melakukan perekrutan kepada mahasiswa asing, dan alhamdulilah FEB ini merupakan fakultas favorit bagi  pendaftar mahasiswa asing.

Sementara itu Imam Subekti PhD., secara  gamblang mengungkapkan bahwa international program meliputi program degree dan program dual degree yang melibatkan perguruan tinggi mitra dengan mempertimbangkan kerjasama dengan perguruan tinggi mitra dari negara yang berbeda-beda.

"Disamping harus mempertimbangkan relevansi kurikulum yang relevan antara kampus dalam negeri dan kampus mitra di  luar negeri, kesamaan course material dan case study, budaya akademik internasional serta keseimbangan mahasiswa asing dan mahasiswa lokal yang menjadi peserta international class," jelas Imam.

Sementara itu, lanjut Imam, untuk degree program mahasiswa diarahkan untuk mengikuti program summerschool atau student exchange berkisar antara 1-6 bulan.

Ia menambahkan konsep yang menjadi bahasan serius para peserta sharing session  diantaranya menyangkut masa studi, kurikulum dan sarana prasarana yang harus dipersiapkan guna mendukung proses pembelajaran, penguatan  kemampuan bahasa asing dan lain sebagainya.

Sharing session ini dipandu langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unisma Afifudin SE, MSA, Akt ini dihadiri oleh yayasan , para pengelola, international affair Unisma,para wakil Dekan, Ketua Program studi, international Development Division FEB Unisma Malang dan dosen pengajar international class. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES