Ketahanan Informasi

Unisma Malang Gelar Bimtek Sistem Jaminan Halal, ini Tujuannya

Unisma Malang Gelar Bimtek Sistem Jaminan Halal, ini Tujuannya Pembukaan Bimtek Sistem Jaminan Halal kerjasama Halal Center Unisma dengan Dibudpar
Jum'at, 23 Agustus 2019 - 13:20

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma Malang gelar Bimtek Sistem Jaminan Halal (SJH) "Penguatan Destinasi Wisata Halal Kota Malang" di Ruang Seminar Gedung Umar bin Khattab, Rabu (21/8/2019).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Laboratorium Pusat dan Halal Center Unisma dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang.

Bimtek-Jaminan-Halal-2.jpg

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) , LPPOM MUI Jawa Timur dan Halal Center Perguruan Tinggi di Kota Malang. Bimtek ini akan berlangsung selama dua hari (21-22 Agustus 2019).

Peserta bimtek berasal dari hotel dan restoran di kota Malang yang berproses menuju sertifikasi halal.

Pada tahun 2019, Kota Malang mendapatkan anugrah destinasi Wisata Halal. Dalam pelaksanaan itu banyak hal yang harus disiapkan salah satunya adalah sediaan konsumsi bagi wisatawan yang terjamin kehalalannya.

Karena itu hotel dan restoran yang ada di Kota Malang berlomba lomba menuju sertifikasi halal. Peran Laboratorium Pusat dan Halal Center dalam proses ini adalah sebagai tim pendamping hotel dan restoran dalam sistem jaminan halal. Kegiatan pendampingan tersebut juga merupakan pengabdian dari Laboratorium Pusat dan Halal Center untuk masyarakat luas.

Mayoritas masyarakat Indonesia yang merupakan penganut agama Islam, membuat Halal Tourism menjadi salah satu tuntutan mutlak yang harus diwujudkan. Sebab, Halal kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup tak hanya dari kalangan penganut agama Islam. Namun juga kalangan masyarakat umum.

"Tren halal tak hanya di negara mayoritas muslim seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, tapi juga ada di negara-negara Eropa hingga Australia. Karena halal sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat dunia," kata Rektor Universitas Islam Malang, Prof. Dr. Maskuri, M.Si.

Prof. Maskuri telah menyediakan wadah bagi hotel dan restoran untuk melakukan pendampingan Halal di Laboratorium pusat dan halal center Unisma, dan merupakan wujud dukungan dari pimpinan Unisma Malang. (*)

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration