Peristiwa Daerah

Wali Kota Kediri Pastikan Warga Papua di Kediri Aman dan Nyaman

Jumat, 23 Agustus 2019 - 10:23 | 116.28k
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat silaturahmi dengan warga Papua yang ada di Kediri, Jawa Timur (FOTO: Pemkot Kediri for TIMES Indonesia)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat silaturahmi dengan warga Papua yang ada di Kediri, Jawa Timur (FOTO: Pemkot Kediri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjamu warga Papua yang ada di Kota Kediri, Jawa Timur Ia memastikan warga Papua yang ada di Kota Kediri aman dan nyaman tinggal di Kota Kediri. Pemerintah Kota Kediri bersama Forkopimda Kota Kediri, tokoh masyarakat dan tokoh agama akan terus menjaga keutuhan Negara Indonesia khususnya Kota Kediri.

Hal itu disampaikannya dalam silaturahmi Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat bersama warga Papua di Kota Kediri yang berlangsung pada hari Kamis malam (22/8/2019) bertempat di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

“Kami sebagai Pemerintah Kota Kediri akan bertanggungjawab kepada anak-anak Papua yang ada disini baik yang tinggal di Kota Kediri, tugas belajar ataupun yang bermukim di Kota Kediri. Saya jelaskan bahwa keamanan, kebersamaan, dan pluralitas di Kota Kediri terjaga dengan baik,” ujar wali kota muda yang akrab disapa Mas Abu ini.

Walikota-Kediri-bersama-mahasiswa-papua-a.jpg

Mas Abu mengimbau agar warga Papua yang ada di Kota Kediri berbaur dengan seluruh elemen masyarakat Kota Kediri. Serta bila terjadi permasalahan agar segera berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Kediri, Forkopimda, tokoh agama ataupun tokoh masyarakat.

“Saya minta mereka untuk berbaur dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Kediri. Karena di Kota Kediri ini adalah miniatur dari Indonesia semua warga di seluruh Indonesia ada. Oleh karena itu, saya titip pesan pada mereka supaya mereka belajar dengan baik dan memberitakan kepada seluruh masyarakat yang ada di Papua bahwa mereka aman dan tidak ada apa-apa. Di sini kita bisa berkomunikasi dengan baik,” jelasnya.

Wali Kota muda ini juga membagikan kunci suksesnya. Menurutnya, kesuksesan itu didapat dengan memperbanyak saudara dan kawan. Karena dengan banyak kawan akan banyak pula ilmu yang dapat diserap. Untuk itu, Ia meminta kepada warga Papua yang sedang menempuh pendidikan di Kota Kediri untuk mencari kawan sebanyak-banyaknya.

“Saya sebagai penanggungjawab kalian di sini cuma meminta satu. Ini kunci sukses saya adalah mencari saudara dan kawan sebanyak-banyaknya. Di usia 28 tahun saya bisa jadi Wakil Wali Kota karena saya punya banyak kawan. Dari kawan yang banyak saya bisa menyerap ilmu yang banyak sekali. Lalu di umur 34 tahun saya bisa jadi Wali Kota Kediri. Sebelumnya saya jadi pedagang dimana beberapa perusahaan saya dirikan sendiri karena saya mau berteman dengan siapapun dan saya tidak memilih-milih kawan,” ucapnya.

Walikota-Kediri-bersama-mahasiswa-papua-b.jpg

Dalam kesempatan ini Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi menambahkan, sampai dengan saat ini situasi di Kota Kediri kondusif dan tidak ada hal menonjol yang terjadi di Kota Kediri. “Yang pasti kami Forkopimda Kota Kediri menjamin keamanan adik-adik yang bersekolah disini baik yang di universitas ataupun di SLTA totalnya ada 153. Kita yakinkan bahwa tugas mereka adalah belajar. Sampai saat ini tidak ada hal-hal menonjol yang perlu dikhawatirkan. Alhamdulillah  berkat doa penjenegan semua Kota kediri bisa kondusif,” imbuhnya.

Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno juga mengajak agar seluruh elemen yang ada di Kota Kediri untuk menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia. “ Alhamdulillah di Kota Kediri ini sangat guyub rukun dari berbagai macam etnis, suku, agama dan berbagai macam perbedaan tidak jadi masalah di wilayah kita. Kota kediri dikenal sebagai barometernya Jawa Timur. Jadi tagline tersebut sama-sama kita jaga. Itu merupakan tanggung jawab kita semua. Sampai detik ini saya tidak menangkap adanya potensi-potensi perlawanan terkait dengan kebhinekaan yang ada di Kota Kediri,” jelasnya.

Walikota-Kediri-bersama-mahasiswa-papua-c.jpg

Pada silaturahmi ini Wali Kota Kediri bersama Forkopimda Kota Kediri melakukan Tarian Sajojo dan dilanjutkan menyanyikan lagu Aku Papua bersama warga Papua di Kota Kediri.

Hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Forkopimda Kota Kediri, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala OPD terkait, Camat Pesantren Eko Lukmono, Kepala Sekolah SMA Negeri ataupun Swasta di Kota Kediri, serta perwakilan dari perguruan tinggi di Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES