Glutera News Glutera News

Merawat Rambut Berhijab Tetap Sehat ala Glutera

Merawat Rambut Berhijab Tetap Sehat ala Glutera (FOTO: Glutera News)
Jum'at, 23 Agustus 2019 - 11:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut bagaikan mahkota wanita, baik wanita yang tidak berhijab maupun yang berhijab. Tentunya setiap wanita mendambakan rambut yang indah dan sehat, bukan? Tapi seringkali wanita berhijab meremehkan merawat rambut, padahal rambut yang lebih lama tertutup bisa lebih mudah lembab dan kusut sehingga akan mudah rontok.

Berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut berhijab.

1. Menyisir rambut sebelum dan sesudah memakai hijab

Tips pertama yang mungkin terdengar sepele adalah menyisir rambut sebelum dan sesudah memakai hijab. Bagi wanita berhijab yang memiliki rambut panjang, biasanya memilih mengikat kuda atau sanggul rambut sebelum memakai hijab, hal ini menyebabkan rambut mudah kusut dan rontok.

Untuk mengurangi kerontokan rambut sebaiknya kamu gunakan sisir wide-tooth comb (sisir bergigi jarang dan lebar yang berbentuk pipih) sehingga rambut akan mudah disisir dan meminimalisir kerontokan.

2. Rajin mencuci rambut

Rambut yang terutup hijab sepanjang hari pasti akan mudah lembab karena tumpukan keringat dikulit kepala. Hal ini bisa mengakibatkan rambut mudah berketombe dan rontok. Apalagi rasa tak nyaman dengan bau apek yang mungkin bisa saja tercium oleh orang-orang disekeliling kalian.

Sebaiknya rajin-rajinlah mencuci kepala untuk menghindari keadaan rambut yang makin parah. Gunakan rangkaian perawatan kulit kepala yang seperti glutera shampoo dan hair tonic serum.

3. Keringkan rambut sebelum memakai hijab

Hindari memakai hijab dalam keadaan rambut masih basah setelah keramas. Rambut yang basah lebih sensitif dan rentan rusak. Jika kamu sedang terburu-buru sebaiknya gunakan hair-dryer untuk mempercepat keringnya rambut. Dan sebaiknya jangan dulu mengikat rambut yang masih basah karena bisa menyebabkan ketegangan rambut yang masih lemah karena basah.

4. Pilih bahan hijab yang tepat

Penting sekali bagi kalian hijabers untuk pintar memilih bahan hijab yang sesuai dengan kondisi dan yang pasti nyaman untuk dipakai. Bahan kain yang nyaman dan baik sebaiknya yang memiliki jalur keluar masuknya udara sehingga rambut tidak mudah berkeringat dan lembek, seperti kain chiffon atau katun.

Jika kalian lebih menyukai hijab yang berbahan sintesis seperti nylon atau polyester sebaiknya gunakan underscraf atau yang biasa disebut ciput agar kulit kepala tidak bergesekan keras dengan hijab. Sedangkan hijab yang berkain tipis dan adem bisa kamu gunakan dalam cuaca yang panas dan sebaiknya hindari memakai hijab yang berwarna hitam.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Rambut yang rusak bisa jadi menandakan kondisi tubuh yang tidak baik. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan bergizi yang kaya akan protein dan zat besi, selain itu perlu beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut seperti glutera glutathione, nitric oxide, dan collagen bcaa.

Perawatan rambut tetap penting bagi wanita berhijab. Nah, mulai sekarang rajin-rajinlah merawat rambut ya. Pastinya selain akan membuatmu lebih nyaman, kamu juga jadi tenang saat mengenakan hijab. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration