Kesehatan

Ngantuk saat Bekerja Memang Mengganggu, Cegah dengan Cara Ini

Jumat, 23 Agustus 2019 - 05:27 | 50.75k
ILUSTRASI - Ngantuk saat Bekerja. (FOTO: Woop.id)
ILUSTRASI - Ngantuk saat Bekerja. (FOTO: Woop.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian orang, rasa kantuk yang berlebihan bisa tiba-tiba muncul, termasuk saat bekerja di kantor. Ini bisa indikasi Anda terkena hypersomnia, yakni rasa kantuk berlebihan yang membuat orang ingin tidur terlebih di siang hari. Apakah ada cara mudah untuk mengusir ngantuk saat bekerja?

Berikut cara mencegah datangnya ngantuk saat bekerja di siang hari, dilansir dari CNN Indonesia.

1. Tidur malam yang cukup

Banyak orang menyepelekan durasi tidur di malam hari. Kebanyakan orang yang tinggal di kota rela memotong 1-3 jam tidurnya untuk melakukan aktivitas lain seperti lanjut mengerjakan pekerjaan atau nongkrong di kafe bersama teman-teman. Padahal kurang tidur bisa membuat Anda semakin ngantuk keesokan harinya.

2. Jaga kualitas tidur

Terkadang tidur yang panjang belum tentu memiliki kualitas tidur yang efektif. Untuk memperoleh kualitas tidur yang baik, jauhkan tempat tidur dari keberadaan gadget dan peralatan elektronik seperti TV, radio, hingga laptop.

Jangan melakukan kegiatan yang berat menjelang tidur, seperti diskusi atau memikirkan hal yang rumit. Pikirkan sesuatu yang menyenangkan supaya badan menjadi rileks dan nyaman menjelang tidur.

3. Saapan secukupnya

Sarapan dengan makanan yang tepat akan membuat tubuh mendapatkan energi yang optimal. Buah-buahan dan sayur dapat menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan. Hindari makanan cepat saji seperti mi instan, donat, maupun kentang goreng sebagai cara mencegah ngantuk berat saat di kantor.

4. Makan cemilan atau minum kopi

Minum kopi masih menjadi cara yang sering dilakukan untuk menanggulangi kantuk. Cara klasik ini memang efektif tetapi jangan sampai terlalu banyak mengonsumsinya. Mengonsumsi kafein terlalu banyak bisa mengganggu pencernaan, kencing berlebih, dan sakit kepala.

Selain minum kopi, Anda juga bisa makan cemilan sambil melakukan pekerjaan. Mengunyah bisa berfungsi sebagai pengalihan aktivitas sehingga rasa kantuk dapat terhindarkan.

5. Putar musik kesukaan

Mendengarkan musik sembari bekerja juga bisa membantu Anda tetap terjaga dan terhindar dari ngantuk berat di kantor. Dengarkan favorit supaya meningkatkan antusiasme saat bekerja atau bisa coba aliran musik baru yang belum pernah didengarkan. Mendengarkan lagu baru juga dapat menambah semangat.

Itulah beberapa cara mencegah ngantuk saat bekerja di siang hari. Yang paling penting adalah pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan menjalani pola hidup sehat agar tidak rentan sakit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : CNN Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES