Selasa, 17 September 2019
Peristiwa - Daerah

PLN UP3 Kota Madiun Gelar Simulasi Tanggap Darurat

PLN UP3 Kota Madiun Gelar Simulasi Tanggap Darurat Tim BPBD saat melakukan evakuasi korban, dalam simulasi tanggap darurat. (Foto: Pamula Yohar C/TIMES Indonesia)
Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:24

TIMESINDONESIA, MADIUN – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Madiun, Jawa Timur gelar simulasi tanggap darurat, Kamis (22/08/2019) bertempat di kantor PLN UP3 Kota Madiun.

Kegiatan simulasi yang dilakukan secara rutin pada setiap tahun, merupakan bentuk antisipasi dan evakuasi yang dilakukan oleh PLN UP3 Kota Madiun jika terjadi bencana kebakaran. Adapun evakuasi yang dilakukan pada kali ini meliputi evakuasi pegawai, evakuasi vertikal rescue, evakuasi dokumen.

Tim-BPBD-b.jpg

"Simulasi tanggap darurat ini bertujuan agar tim tanggap darurat kami dapat  melakukan refresh kemampuan dalam melakukan evakuasi jika terjadi bencana," ujar Bagus Panuntun pejabat pelaksanaan K3L PLN UP3 Kota Madiun.

Evakuasi korban maupun aset dalam suatu bencana kebakaran sangat penting dilakukan, agar dapat meminimalisir kerugian serta dampak dari bencana tersebut.

"Hal ini harus kita ulang terus menerus. Bahkan per semester kita akan lakukan kegiatan semacam ini. Kita tidak menginginkan bencana terjadi di kantor kita. Untuk itu, sekalipun ketika ada bencana kita sudah siap melakukan evakuasi," tambah Bagus.

Saat melakukan evakuasi ketenangan, ketangguhan dan kesiapan tim sangat dibutuhkan, agar evakuasi dapat dilakukan dengan terstruktur dan baik.

Tim-BPBD-c.jpg

"Kita harus melakukan koordinasi secara benar agar tidak panik saat melakukan evakuasi, serta melakukan evakuasi dengan terstruktur dan baik", ungkap Bagus.

Dalam kegiatan simulasi tanggap darurat yang dilakukan oleh PLN UP3 Kota Madiun turut melibatkan instansi terkait yakni, Pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Reskrim dan sabhara Polres Madiun Kota untuk pengamanan.(*)

Jurnalis : Pamula Yohar C
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Registration