Kamis, 19 September 2019
Ketahanan Informasi

Kawal KSTM, BBPP-BATU Lakukan Monev di Pulau Madura

Kawal KSTM, BBPP-BATU Lakukan Monev di Pulau Madura Dokumentasi kegiatan monev. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:46

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu (Balai Besar Pelatihan Peternakan) melakukan kegiatan Monitoring dan evaluasi kepada 35 KSTM (Kelompok Santri Tani Milenial) yang ada di dua Kabupaten yaitu kab. Pamekasan dan Sampang, Selasa-Kamis (20-22/8/2019).

Catur Puryanto, SST mewakili tim monev BBPP Batu sekaligus Ketua Divisi Unggas menjelaskan monev ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan agribisnis budidaya Ayam kampung yang dilakukan oleh KSTM setelah mereka mendapatkan bantuan 500 ekor ayam, 1 ton pakan dan 1 paket obat obatan serta vitamin.

"Berdasarkan hasil dari kegiatan monitoring dan evaluasi ini rata rata perkembangan ayam sangat bagus dan kematian di Minggu pertama setelah di terimanya bantuan hanya 0,2 - 0,4%," terang Catur pada TIMES Indonesia.

Peternakan-ayam.jpg

Lebih lanjut dikatakan, anggota KSTM sebelum menerima bantuan mereka diberi pelatihan berupa Bimtek selama 3 hari untuk mendapatkan materi bagaimana berbudiya yang baik, bagaimana cara menangani penyakit dan menanggulangi penyakit serta bagaimana manajemen pemeliharaannya.

Setelah selama seminggu merawat ayam para anggota KSTM sangat menikmati sekali karena nampak dari kegiatan mereka dalam merawat ayam sangat antusias dan sabar.

Peran BBPP Batu tidak hanya menyalurkan bantuan saja tapi juga bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten setempat terus melakukan pendampingan kepada KSTM karena notabene para KSTM tergolong masih awal dalam usaha budiya ayam kampung sehingga kegiatan dan pemberian bantuan ini tidak hanya bersifat sementara tapi benar benar bisa menjadi media pembelajaran bagi para Santri. (*)

Jurnalis : Catur Puryanto (CR-103)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration