Kamis, 19 September 2019
Ketahanan Informasi

Wabup Agung Mayun Pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka ke-58

Wabup Agung Mayun Pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka ke-58 Wakil Bupati Gianyar pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka ke-58. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rabu, 21 Agustus 2019 - 17:22

TIMESINDONESIA, GIANYAR – Wakil Bupati Gianyar, A A Gd Mayun memimpin apel peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 di Kabupaten Gianyar bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Gianyar, Banjar Mawang, Desa Lodtunduh, Ubud, Selasa, (21/8/2019).

Apel peringatan Hari Pramuka yang mengambil tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” tersebut diikuti oleh anggota Pramuka dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak hingga Pendega.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutan yang dibaca Wakil Bupati, A A Gde Mayun mengatakan, merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba merupakan kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Untuk itu, Budi Waseso mengajak pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa.

Upacara-b.jpg

Hal tersebut merupakan salah satu alasan diadakan kerjasama Kwartir Nasional dan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), untuk merumuskan syarat-syarat kecakapan khusus bagi anggota Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak/Pendega yang mempunyai pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan ketrampilan (psikomotorik) anti korupsi.

Kwartir Nasional juga menyambut baik inisiasi beberapa Kwartir Daerah membentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Anti Narkoba, atau menjadi kemampuan mendeteksi dini dan menanggulangi bahaya narkoba sebagai salah satu Krida Saka yang ada.

Begitu juga kepedulian akan kelestarian lingkungan bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka, melainkan menjadi sikap hidup dan standar berperilaku yang dipedomi bagi setiap anggota Pramuka dengan aksi nyata “Perang terhadap Sampah Plastik”. Oleh karena itu, pembaruan kerjasama Kwartir Nasional dengan World Wide Fund (WWF) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditandatangi 17 Juni 2017 dapat melandasi upaya tersebut menjadi sangat strategis.

Sementara Ketua Harian Pramuka Kwarcab Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana mengatakan, beberapa kegiatan dilaksanakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar serangkaian memperingati Hari Pramuka ke-58. diantaranya, kegiatan donor darah di Balai Budaya Gianyar, Jumat (9/8). Aksi bersih sungai di Lingkungan Abianbase, Minggu (11/8), sebagai wujud komitmen Pramuka terhadap kelestarian lingkungan.

Upacara-c.jpg

“Kwarcab Gianyar meneguhkan komitmen bersama-sama memerangi sampah plastik, yakni dengan Giat Bersih Sungai di Lingkungan Abianbase,” kata Ngurah Wijana.

Ditambahkan Ngurah Wijana, aksi sosial juga dilaksanakan Pramuka Kwarcab Gianyar berupa kunjungan sosial ke Sari Hati School yang bernaung dibawah Yayasan Kasih Inspirasi Mandiri di Desa Singakerta, Ubud, Senin (12/8). Di sekolah gratis bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus ini, gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar menyerahkan paket bantuan sembako dan uang tunai.

“Kunjungan tersebut merupakan wujud kepedulian Pramuka terhadap anak-anak berkebutuhan khusus,” imbuh Ngurah Wijana.

Dikatakan pula, momentum peringatan Hari Pramuka ke-58 untuk memantapkan langkah Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter dan pengabdian ke masyarakat. Dengan spirit Katon Karsa Karya, sehingga mampu memasyarakatkan Pramuka dan Pramuka bermasyarakat, serta mampu berkolaborasi dengan berbagai komponen untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat. (*)

Jurnalis : Komang Aryawan (CR-138)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration