Kesehatan

Tips Aman Mengatasi Batuk Pilek saat Hamil, Apa Saja?

Kamis, 22 Agustus 2019 - 05:37 | 86.09k
ILUSTRASI - Batuk Pilek saat Hamil. (FOTO: theAsianparent)
ILUSTRASI - Batuk Pilek saat Hamil. (FOTO: theAsianparent)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat hamil, sistem kekebalan tubuh akan cenderung berubah. Anda bisa saja mengalami pilek atau batuk berdahak selama masa kehamilan. Kondisi ini cukup mengganggu. Sayangnya, ibu hamil tidak bisa sembarang minum obat yang dijual di pasaran. Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi batuk pilek saat hamil?

Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan rekomendasi American Pregnancy Association, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati pilek dan batuk saat hamil.

1. Istirahat yang cukup

Ketika batuk menyerang, artinya sistem imun sedang menurun. Oleh karena itu, istirahat yang cukup dengan tidur sepanjang hari. Duduk santai sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena dapat memulihkan kondisi tubuh. 

2. Cukupi asupan cairan

Minumlah air putih yang banyak. Asupan cairan dari jus buah atau kaldu juga boleh dikonsumsi. Dalam kondisi menurun, tubuh membutuhkan cairan yang banyak untuk melawan penyakit. 

3. Penuhi asupan makanan

Konsumsi lebih banyak makanan bergizi agar dapat memulihkan kondisi tubuh. Asupan karbohidrat, protein, dan vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam kondisi ini. 

Selain langkah di atas, ada beberapa cara tanpa menggunakan obat juga dapat dilakukan untuk menangani batuk pilek saat hamil. Misalnya, dengan meletakkan pelembab di ruangan, memosisikan kepala lebih tinggi daripada leher saat tidur, dan menggunakan strip hidung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES