Peristiwa Daerah

GO Indonesia Ulurkan Tangan Bantu Kaum Dhuafa

Rabu, 21 Agustus 2019 - 22:48 | 43.28k
Baksos kesehatan GO Indonesia di kawasan kampung pemulung, Bintara, Bekasi, Rabu (21/8/2019). (Foto : Istimewa)
Baksos kesehatan GO Indonesia di kawasan kampung pemulung, Bintara, Bekasi, Rabu (21/8/2019). (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, BEKASI – Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Generasi Optimis Indonesia (GO Indonesia) menggelar Bakti Sosial Kesehatan di Bintara, Bekasi, Rabu (21/8/2019).

Kegiatan tersebut menyasar anak-anak pemulung di sekolah KAMI dan kaum dhuafa. Sekolah ini merupakan ruang pendidikan yang khusus disediakan bagi anak pemulung di Kawasan Bintara Jaya Dalam IV, RT3 RW 9, Bekasi Barat.

Ketua Dewan Pengurus Nasional (Bidang Kesehatan) GO Indonesia, Merryany Girsang, M.Sc., mengatakan bahwa giat bakti sosial tersebut dilakukan sebagai bentuk mandat kemanusiaan yang sudah seharusnya dijalankan. 

Merryany mengatakan pilihan lokasi giat mengikuti data Puskesmas setempat. Menurut data Puskesmas wilayah Bintara, terdapat banyak keluarga pemulung yang hampir semuanya berasal dari luar daerah dan jumlahnya mencapai sekitar 150 kepala keluarga.

“Keluarga-keluarga pemulung ini semuanya bertempat-tinggal di wilayah tersebut bersama dengan tumpukan sampah. Tentu tempatnya tampak kumuh dan kotor. Ada gerakan dalam hati kami untuk berbuat sesuatu bagi mereka. Kami bersyukur rencana baksos ini akhirnya terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Merry bersama relawan dari GO Indonesia memfokuskan pada aksi pemeriksaan kesehatan.

“Di lingkungan ini ada penyakit-penyakit yang diderita keluarga pemulung tersebut selama bertahun-tahun,” terang Merryany.

Dalam baksos kali ini GO Indonesia, melakukan pemeriksaan kesehatan keluarga pemulung dan masyarakat sekitar, termasuk pemeriksaan laboratorium darah terhadap gula darah, asam urat, kolesterol dan tensi darah serta pemberian pengobatan sesuai dengan  hasil pemeriksaan darah mereka.

Mantan pejabat di Kementerian Kesehatan tersebut juga mengaku bahwa giat bakti sosial yang dilakukan GO Indonesia itu mengacu kepada rencana program kesehatan yang tertuang dalam pidato Presiden RI Joko Widodo pada Visi Indonesia 2019-2024. 

“GO Indonesia mendukung penuh visi Presiden Jokowi, dan kami sepakat bahwa masyarakat Indonesia perlu lebih mandiri dan meningkatkan ketahanan kesehatan,” sambungnya.

GO Indonesia bukan tanpa alasan mendukung visi Presiden Jokowi. Sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan SDM, aspek strategis yang harus menjadi misi utama Pemerintah. Dengan meningkatkan SDM melalui pendidikan dan jaminan kesehatan, maka dapat menciptakan generasi yang mandiri yang sehat jasmani dan rohani.

“Untuk itu diperlukan capaian-capaian kesehatan yang bisa dirintis siapa saja yang peduli terhadap kesehatan. GO Indonesia berikhtiar membantu Pemerintah dalam menciptakan ketahanan kesehatan, salah satunya melalui kegiatan sosial yang dapat dilakukan secara berkesinambungan kepada masyarakat,” ujar Merryani.

Di saat yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) GO Indonesia. Tigor Mulo Horas Sinaga mengatakan bahwa untuk mencapai kesehatan masyarakat yang prima dan mandiri perlu adanya sosialisasi kesehatan yang diberikan secara terus menerus kepada masyarakat. 

“Sosialisasi kesehatan akan berdampak positif terhadap masyarakat yang kurang pengetahuan tentang kesehatan, nah melalui baksos di Bintara ini, kita harapkan sosialisasi kesehatan dan pengobatan bisa terlaksana,” kata Horas.

Sekjen GO Indonesia juga mengapresiasi Sekolah KAMI yang dibangun bersebelahan dengan rumah-rumah para pemulung tersebut. 

GO Indonesia mengapresiasi Dr. Irina Amongpradja yang membangun sekolah di pemukiman pemulung secara sukarela dan gratis. Termasuk memberi makan dan minum.

Di mana semua murid mulai tingkat SD, SMP dan SMA rutin mengikuti kegiatan belajar. Dengan lingkungan sekolah yang sangat asri dan semua murid diberi ekstra kurikuler untuk meningkatkan keahlian dalam bekerja di masyarakat, seperti menanam, menjahit, dan belajar seni. 

“Ini hebat, dan GO Indonesia akan selalu mendukung orang-orang dan lembaga-lembaga hebat untuk makin berkembang demi manusia Indonesia yang unggul seperti yang dititahkan oleh Presiden Jokowi,” pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES