Pendidikan

Kampus di Gresik Berkontribusi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Rabu, 21 Agustus 2019 - 21:18 | 55.06k
Rektor Universitas Gresik Prof Sukiyat bersama Camat Duduksampeyan Suropadi saat MoU (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Rektor Universitas Gresik Prof Sukiyat bersama Camat Duduksampeyan Suropadi saat MoU (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kampus di Kabupaten Gresik, Jawa Timur berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui proses pemberdayaan serta perencanaan yang matang.

Salah satu upaya kampus dalam menyejahterakan masyarakat itu melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berbasis pemberdayaan masyarakat desa yang berkelanjutan.

Rektor Universitas Gresik mengatakan, pihaknya mengonsep KKN berbasis pemberdayaan kelanjutan dengan pengembangan desa berdasarkan persoalan, tantangan dan potensi yang dimiliki. 

"Unigres ingin memberikan sumbangsih positif bagi desa dan masyarakatnya dalam proses pembinaan masyarakat dan aparat desa," katanya usai MoU dengan Kecamatan Duduksampeyan, Rabu (21/7/2019).

Dari kecamatan binaan ini, pihaknya melakukan pemetaan berdasarkan perencanaan wilayah yang ada. "Sehingga pemerintah Kabupaten Gresik dan desa dapat melakukan atau mendesain secara baik dan benar," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Duduksampean, Suropadi menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya, kampus juga bisa berkontribusi nyata dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Suropadi membeberkan ada 20 desa di wilayah Duduksampean yang mendominasi sebagai petambak, dan mahasiswa KKN di Gresik memberi bantuan program berkelanjutan yang dibutuhkan. "Banyak temuan temuan di desa-desa yang seharusnya menjadi acuan Camat untuk memberikan binaan-binaan. Seperti desa Tebaloan jadi sasaran program desa sadar hukum, kami berterimakasih," ujar Suropadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES