Peristiwa Daerah

Karya Bakti TNI AL 2019 akan Renovasi 867 Rumah Tidak Layak Huni di Jawa Timur

Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:05 | 107.44k
Upacara pembukaan Karya Bakti TNI AL di Alun-alun Lamongan, Rabu (21/8/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Upacara pembukaan Karya Bakti TNI AL di Alun-alun Lamongan, Rabu (21/8/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal V) bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan Karya Bakti TNI AL 2019 dalam program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Jumlah RTLH yang akan direnovasi pada Karya Bakti TNI AL 2019 ada sebanyak 867 unit yang tersebar di 10 kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur.

"Rumah tidak layak huni yang direncanakan direnovasi tersebut tersebar di pesisir Kabupaten Probolinggo 60 unit, Pasuruan 100 unit Lamongan 84 unit, Tuban 26 unit, Bangkalan 31 unit, Sampang 10 unit, Pamekasan 159 unit, Banyuwangi 115 unit; Situbondo 65 unit, Jember 30 unit, Malang 25 unit Trenggalek 50 unit, Tulungagung 32 unit, Blitar 30 unit dan Pacitan 50 unit," kata Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, usai upacara pembukaan Karya Bakti TNI AL di Alun-alun Lamongan, Rabu (21/8/2019).

Tedjo menjelaskan, kriteria rumah yang mendapatkan bantuan renovasi ini antara lain adalah rumah yang masih berlantai tanah, dinding dari bilik bambu dengan atap rumbia atau daun kelapa, tidak memiliki standar dan ventilasi udara yang baik, tanah milik sendiri dan tidak bermasalah, penghuni rumah tidak memiliki pekerjaan tetap, janda atau jompo.

"Karya Bakti TNI AL dalam program RTLH ini harus tepat sasaran, yaitu bagi masyarakat yang memang rumahnya tidak nyaman, tidak layak huni, tidak sehat. Begitu pula dari segi penghasilan yang masih dalam kategori yang relatif rendah," ujarnya.

Tedjo berharap, program ini tidak hanya akan menunjang masyarakat untuk memiliki hunian yang lebih layak, tapi juga bersih untuk mendukung kesehatan masyarakat dalam pemerataan pembangunan di wilayah Jawa Timur.

"Dalam pelaksanaannya, program ini telah dikomunikasikan kepada masyarakat khususnya penerima program RTLH bahwa program ini bukan merupakan program bedah rumah tetapi hanya berupa renovasi rumah, sehingga tidak salah pengertian dalam pelaksanaannya," tutur Tedjo.

Lebih lanjut Tedjo mengatakan, Karya Bakti TNI AL dalam program renovasi rumah tidak layak huni di Jawa Timur ini dilaksanakan oleh empat satuan pelaksana dijajaran Lantamal V. Yaitu Lanal Batuporan untuk wilayah Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep, Lanal Banyuwangi mencakup wilayah Banyuwangi, Probolinggo, Jember dan Pasuruan, kemudian Lanal Malang mencakup wilayah Malang, Trenggalek, Tulungagung, Blitar dan Pacitan, serta Dispotmar Lantamal V mencakup Kabupaten Lamongan dan Tuban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES