Pemerintahan

Balai Bahasa Jatim Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang di Kabupaten Magetan

Rabu, 21 Agustus 2019 - 12:41 | 52.41k
Kepala BBJT, Mustakim saat menyampaikan materi dalam sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang di Magetan, Rabu (21/8/2019). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Kepala BBJT, Mustakim saat menyampaikan materi dalam sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang di Magetan, Rabu (21/8/2019). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Kepala Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT), Mustakim mengingatkan supaya masyarakat maupun lembaga agar mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Hal itu, diungkapkan saat kegiatan sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang yang berlangsung di Hotel Bukit Bintang Magetan, Rabu (21/8/2019)

Sosialisasi-Bahasa-2.jpgSuasana sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang di Magetan.

"Salah satu tujuannya untuk mengingatkan kembali dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional," ujarnya.

Mustakim mengungkapkan, sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan amanat undang-undang. Dimana bahasa Indonesia merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tugas ini juga mengemban amanah sumpah pemuda," tandasnya.

Dalam hal ini, ia juga mendorong lembaga yang menangani perizinan di wilayah kabupaten maupun kota dapat mensyaratkan pengutamaan bahasa Indonesia dalam memberikan izin penamaan. Yakni, seperti penamaan lokasi, tempat usaha, produk dan berbagai fasilitas lainnya, sehingga identitas bangsa Indonesia bisa tercermin.

"Jangan lupa lembaga harus mengutamakan persyaratan pemakaian bahasa Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang, Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) bersinergi dengan Pemkab Magetan. Acara tersebut dihadiri oleh Sekda Magetan, Kepala Cabdindik Jawa Timur wilayah Magetan, OPD, TNI, Polri, pewakilan Dosen, dan segenap elemen terkait. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES