Kamis, 19 September 2019
Gaya Hidup

Tips Mudah Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Tips Mudah Mencegah Anemia pada Ibu Hamil Ilustrasi - Tips Mudah Mencegah Anemia pada Ibu Hamil (FOTO: haibunda.com)
Rabu, 21 Agustus 2019 - 03:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asupan zat besi pada ibu hamil perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, ibu hamil sangat rentan mengalami kekurangan zat besi atau anemia defisiensi besi. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anemia seperti yang dukutip dari The Asian Parent.

1. Makan makanan kaya zat besi

Makanan berprotein termasuk daging, ayam, ikan, telur, kacang kering dan biji-bijian kaya akan zat besi yang dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang kekurangan HB atau zat besi.

Jika Anda menderita anemia dan biasanya makan daging, menambah jumlah daging yang Anda konsumsi adalah cara termudah untuk meningkatkan zat besi yang diterima tubuh.

2. Konsumsi makanan tinggi asam folat

Makanan tinggi asam folat misalnya kacang kering, sayuran berdaun hijau gelap, bibit gandum dan jus jeruk.

3. Konsumsi makanan kaya vitamin C

Anda bisa mengonumsi banyak buah segar yang kaya vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi lebih optimal.

4. Memasak dengan panci besi

UCFS Health menyarankan untuk memasak dengan panci besi, karena bisa menambah 80 persen lebih banyak zat besi ke dalam makanan Anda.

5. Konsumsi vitamin prenatal

Penambahan suplementasi ke dalam asupan harian perlu dilakukan ibu hamil, sebagai upaya mencegah anemia. Minumlah pil multivitamin dan mineral prenatal Anda yang mengandung asam folat ekstra. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration