Kamis, 19 September 2019
Kesehatan

Tak Hanya Manis, Buah Naga juga Kaya Manfaat Lho?

Tak Hanya Manis, Buah Naga juga Kaya Manfaat Lho? ILUSTRASI - Buah Naga. (FOTO: Simon/Pixabay)
Rabu, 21 Agustus 2019 - 05:22

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah naga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, hingga membantu mencegah kanker, manfaat buah naga sangatlah sayang untuk dilewatkan.

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, bukanlah fakta baru. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat, dari mengonsumsi buah yang satu ini.

1. Membantu meredakan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis. Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik, apabila didapatkan secara alami dari makanan, dibandingkan dari suplemen atau obat.

2. Kaya akan serat yang baik untuk tubuh

Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pencernaan, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari kondisi lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan menjaga berat badan ideal.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Vitamin C dan keratinoid yang ada pada buah naga, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

4. Meningkatkan kadar zat besi di tubuh

Tidak banyak buah yang mengandung zat besi. Buah naga salah satunya. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

5. Sumber magnesium yang baik

Kandungan magnesium yang ada pada buah naga terhitung tinggi, jika dibandingkan dengan buah lainnya. Mengonsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat sekitar 100 gram, dapat memenuhi 18% kebutuhan magnesium harian untuk tubuh.

Magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh. Selain itu, mineral ini juga disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Membantu mencegah kanker

Buah naga juga dipercaya mencegah kanker karena kandungan vitamin C dan likopen di dalamnya. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah naga juga telah terbukti membantu mengurangi sel-sel kanker yang ada di tubuh.

7. Baik untuk kesehatan kulit

Untuk kesehatan kulit, buah naga bermanfaat mengurangi kerutan dan mengatasi jerawat serta kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

8. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat buah naga untuk kesehatan tulang didapatkan dari kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium telah terbukti penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat.

9. Membantu mencegah penyakit mata

Buah naga disebut dapat mencegah pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini, sering dihubungkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Selain itu, kandungan beta karoten pada buah naga juga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula(gangguan medis pada mata, yang biasa menyerang lansia) dan katarak.

10. Meningkatkan kerja otak

Salah satu manfaat buah naga yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah meningkatkan kerja otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin B dan vitamin C dalam buah naga. Aktivitas vitamin tersebut di tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak agar tetap sehat. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration