Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Daerah

Seluruh Puskesmas di Magetan Belum Punya IPAL

Seluruh Puskesmas di Magetan Belum Punya IPAL Salah satu puskesmas di Magetan yang rencananya akan di bangun IPAL. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Selasa, 20 Agustus 2019 - 21:09

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan siapkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar untuk pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di 5 Puskesmas.

Hal ini karena seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Magetan belum satupun memiliki IPAL. "Sampai saat ini belum ada," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Magetan, Furiana Kartini kepada TIMES Indonesia, Selasa (20/8/2019).

Furiana mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena disebabkan oleh sejumlah faktor. Yakni, seperti terbatasnya anggaran dan kegagalan saat perencanaan sebelumnya. "Dulu sempat gagal saat masih perencanaan," terangnya.

Meski demikian, rencana pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) baru dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Namun, akan dilakukan secara bertahap. "Kita upayakan nanti tahun 2020 karena saat ini masih proses di Unit Layanan Pengadaan (ULP)," tandasnya.

Sementara itu, 5 pusat kesehatan masyarakat di Kabupaten yang masuk dalam perencanaan pembangunan IPAL yaitu Puskesmas Candirejo, Puskesmas Plaosan, Puskesmas Ngariboyo, Puskesmas Kawedanan dan Puskesmas Panekan.

"Dari total 22 Puskesmas memang baru 5 ini yang akan di bangun IPAL dengan total anggaran Rp 2,5 Miliar. Untuk materialnya Rp 2,2 Miliar sedangkan administrasi umum Rp 300 juta,” imbuh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan ini.(*)

Jurnalis : MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

Komentar

Registration