Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Daerah

Menuju World Cleanup Day 2019, Komunitas Bersih-Bersih Pantai Bongen

Menuju World Cleanup Day 2019, Komunitas Bersih-Bersih Pantai Bongen Aksi bersih-bersih pantai Bongen Sekayu oleh Komunitas. (Foto: Istimewa)
Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:40

TIMESINDONESIA, PALEMBANGWorld Cleanup Day (WCD) yang jatuh pada 15 September setiap tahunnya dirayakan sejak dini oleh komunitas di Sumatera Selatan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan bersih-bersih di Pantai Bongen Sungai Musi,  Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. 

Mereka berasal dari sejumlah komunitas. Mulai dari Duta Baca Muba, Go Green Musi Banyuasin, Arsi Muba, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta warga sekitar pun juga tampak memungut sampah.

Masing-masing relawan membawa karung dan alat kebersihan lainnya. Satu jam lebih bersih-bersih, setengah kawasan pasir bongen di Kayuara sudah tampak bersih.

Rojaki, M.Pd, Duta Baca Muba mengatakan aksi bersih-bersih ini akan terus berlanjut dan kita berharap akan semakin banyak pihak yang ikut terlibat.

"Masalah yang sedang kita hadapi saat ini adalah sampah plastik. Bahkan fenomena tersebut sudah menjadi isu global. Saya berharap pasca bersih-bersih ini, akan muncul kesadaran mengelola sampah dengan benar," ujarnya.

Sementara Lia Elisa mewakili Komunitas Go Green Muba mengatakan Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik kedua di dunia ke lautan setelah China.

"Sebanyak 87 persen dari 3,8 juta ton sampah plastik yang dibuang setiap tahun mengambang di laut. Artinya, setiap penduduk pesisir Indonesia bertanggungjawab atas 17,2 kilogram sampah plastik yang mengapung dan meracuni satwa laut," ungkapnya. 

Menurutnya, momentum ini diharapkan mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan melakukan pengelolahan sampah yang baik.

"World Cleanup Day menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia. Begitu pun dengan Indonesia, kegiatan ini menjadi gotong royong terbesar untuk pertama kalinya yang melibatkan 13 juta penduduk Indonesia dan Musi Banyuasin ikut andil dalam kegiatan World Cleanup Day 2019," katanya. (*)

Jurnalis : Fathur Rochman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Palembang

Komentar

Registration