Peristiwa Daerah

Panitia Pilkades Desak DPMD Pamekasan Agar Segera Layangkan Surat tes Cakades

Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:28 | 82.44k
Suasana audensi dari panitia Pilkades Desa Lesong Daja yang berlangsung di ruang komisi I DPRD Kabupaten Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Suasana audensi dari panitia Pilkades Desa Lesong Daja yang berlangsung di ruang komisi I DPRD Kabupaten Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Lesong Daja, menggelar audensi dengan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) dengan mendesak segera melayangkan surat tes Cakades ke Pemprov Jawa Timur,  Selasa (20/8/2019).

Di Desa Lesong Daja, yang mendaftarkan diri calon kepala desa setempat ada 6 orang. Maka para bakal calon kepala desa ini harus mengikuti tes tulis karena bakal calon di desa setempat lebih dari lima orang.

Dalam pertemuan audensi tersebut dihadiri Ketua Komisi I DPRD) Pamekasan, Ismail, Anggota Komisi I DPRD Andi Suparto, kepala DPMD Pamekasan, A Faisol.

Subaidi, ketua panitia Pilkades di desa setempat menyatakan bahwa dirinya selalu mendapat tekanan dari masyarakat agar tes Cakades tersebut cepat dilaksanakan.

"Jadi kami mendengar jawaban dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kalau surat tes tersebut sudah di kirim ke pemerintah provinsi Jawa Timur," ucapnya.

Selanjutnya, pihaknya meminta tes tulis yang akan dilaksanakan di Surabaya untuk segera dilaksanakan agar masyarakat tenang.

"Jadi kalau tes tersebut tidak cepat dilaksanakan maka pihak panitia akan cepat melakukan koordinasi dengan pihak dinas terkait agar semua tahapan bisa cepat terlaksana dengan baik," imbuhnya.

Sementara Kepala DPMD Pamekasan, A Faisol mengatakan bahwa desa yang berpotensi memiliki Cakades lebih dari lima sesuai regulasi maka harus ikut seleksi tambahan. "Ada tes tulis yang harus diikuti calon dan tes tulis itu tidak dilakukan pantia Pilkades tapi panitia asesmen berkompeten yang berkantor di Surabaya," ucapnya.

Selanjutnya, ia menyatakan bahwa dirinya sudah melayangkan surat kepada pihak panitia asesmen yang berkantor di Surabaya.

"Jadi kami sudah melayangkan surat tadi pagi pada panitia asesmen berkompeten yang berkantor di Surabaya. jadi kami masih menunggu balasan dari panitia tersebut. Setelah ada jawaban maka saya akan bicarakan dengan camat dan panitia terkait," jelasnya.

Senentara Pilkades Serentak di Kabupaten Pamekasan diperkirakan akan digelar 11 September 2019. Sedang desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak ada 93 desa  tersebar di Kecamatan Proppo sebanyak 13 desa, Pademawu (12 desa), Larangan (7 desa), Pasean (5 desa), Pegantenan (7 desa), Palengaan (5 desa), Tlanakan (11 desa), Pamekasan (4 desa), Galis (6 desa), Kadur (5 desa), Pakong (8 desa), Waru (3 desa) dan Kecamatan Batumarmar (7 desa). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES