Pendidikan

IAIN Ternate Hasilkan 240 Wisudawan

Selasa, 20 Agustus 2019 - 19:34 | 179.69k
Gubernur Abdul Gani Kasuba menyampaikan Sambutan di acara wisuda IAIN Ternate. (Foto: Janwar/Humas)
Gubernur Abdul Gani Kasuba menyampaikan Sambutan di acara wisuda IAIN Ternate. (Foto: Janwar/Humas)

TIMESINDONESIA, MALUKU UTARAIAIN Ternate (Institut Agama Islam Negeri Ternate), menggelar acara wisuda ke VII tahun akademik 2019/2020. Sebanyak 240 mahasiswa diwisuda dalam acara yang dilangsungkan di Duafa Center, Ternate, Selasa (20/8/2019).

Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan berharap keberhasilan yang diraih ini menjadi pembuka jalan untuk apa yang di cita-citakan. Dan untuk orang tua dan keluarga wisudawan, Gubernur juga sampaikan selamat karena telah ikut berjasa dalam menghantarkan anak atau keluarganya dalam meraih kesuksesan ini.

Ia juga merasa bangga dapat hadir pada wisuda kali ini, dan berdoa apa yang dicita-citakan oleh IAIN Ternate untuk dapat merubah status menjadi universitas dapat tercapai.

Gubernur berharap, para lulusan bisa berkarya di wilayah profesional yang di minati. Sebagai lulusan IAIN dimana nilai-nilai islam diinternalisasikan di dalamnya.

“Kita, mahasiswa islam harus yang pertama itu kita bangun akhlak. Maka para lulusan bisa berkarya di atas landasan spirit dan etika Islam," ucapnya.

Sementara Rektor IAIN Ternate Dr. Samlan Hi. Ahmad menyampaikan perkembangan IAIN Ternate yaitu jumlah mahasiswa baru tahun 2019 sampai saat ini mencapai 709 orang dan total jumlah mahasiswa IAIN Ternate sampai tahun 2019 berjumlah 4552 orang.

“Kami bertekad tahun 2020 jumlah mahasiswa IAIN Ternate sudah di atas 5000 orang, sehingga saat kami mengusulkan perubahan status IAIN menjadi UIN dapat terpenuhi karena itu adalah salah satu syarat," katanya

Selain itu, Rektor juga mengatakan bahwa pada tahun 2019 ini IAIN Ternate juga telah mendapatkan lahan di kelurahan Gambesi, Kota Ternate Selatan seluas 15 hektar, dan nanti juga ada bantuan lahan sebesar 20 hektar di Sofifi oleh pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Para wisudawan-wisudawati diminta jagalah aqidah, jangan sesekali lalai beribadah, jaga akhlak, bekerjalah dengan baik dan iklas, jadilah pribadi yang penuh semangat dan optimis, terus belajar dan belajar.

Perlu diketahui, wisuda ke VII IAIN Ternate tahun akademik 2019/2020 sebanyak 240 wisudawan. Terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 125 orang, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sebanyak 89 orang, Fakultas Ushuludin, adab dan Dakwah sebanyak 18 orang dan Paska Sarjana sebanyak 8 orang.

Adapun lulusan terbaik dengan predikat sangat memuaskan dengan masa studi tepat waktu terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di raih oleh Yusril Habibi Hasan, S.Pd dengan IPK 3,94, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam diraih oleh Yunus Sibilo,SH dengan IPK 3,82. Fakultas Ushuludin, adab dan Dakwah diraih Sufi Harun, S.Sos dengan IPK 3,87. Sementara dari Pascasarjana diraih oleh Niswatul Fauziah, M.Pd denga IPK 3,82.

Sementara lulusan terbaik untuk wisuda tahun akademik 2019/2020 diraih oleh Yusril Habibi Hasan, S.Pd dari Prodi Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3,94 dengan predikat pujian/cumlaude dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Selain itu, Orasi Ilmiah juga disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Dr. Imam Safe’i dalam acara wisuda IAIN Ternate.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES