Peristiwa Daerah

Kodim 0732 Sleman Kibarkan Sembilan Bendera di Bukit Turgo Gunung Merapi

Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:34 | 394.92k
Anggota Kodim 0732 Sleman mengibarkan bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI di Puncak Bukit Turgo Kawasan Gunung Merapi. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
Anggota Kodim 0732 Sleman mengibarkan bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI di Puncak Bukit Turgo Kawasan Gunung Merapi. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Masih nuansa memperingati HUT ke-74 RI, Komando Distrik Militer atau Kodim 0732 Sleman mengibarkan sembilan bendera merah putih. Pengibaran bendara dilakukan di puncak Bukit Turgo di kawasan Gunung Merapi, Kecamatan Pakem, Sleman, DIY, Selasa (20/8/2019).

Sembilan bendera merah putih tersebut berukuran 180 x 120 centimeter ini dibawa oleh sembilan prajurit dari rumah juru kunci makam Syekh Jumadil Qubro menuju puncak Bukit Turgo di ketinggian 1000 mdpl.

Kesembilan prajurit ini sebelumnya telah berlatih selama sepekan sebagai bentuk persiapan. Karena, untuk bisa mengibarkan bendera di puncak bukit turgo tidak sekedar dibutuhkan keterampilan baris berbaris, melainkan dituntut kondisi yang prima.

Komandan Kodim 0732 Sleman Letkol Inf Diantoro mengatakan, kesembilan prajurit ini merupakan anggota Kodim Sleman yang terlatih di medan sulit seperti pegunungan.

“Semuanya anggota Kodim Sleman. Mereka terlatih dan memiliki kemampuan fisik yang prima,” kata Letkol. Inf. Diantoro kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, dengan posisi di barat daya Gunung Merapi, Bukit Turgo selama ini hanya dikenal masyarakat menjadi salah satu tempat wisata religi dengan makam Syekh Jumadil Qubro sebagai tujuan ziarah. 

Padahal, Bukit Turgo merupakan salah satu benteng geologis bagi masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Merapi. Selain itu, Bukit Turgo juga memiliki pesona luar biasa untuk wisata tracking maupun olahraga ekstrem lainnya. Potensi wisata inilah yang menurut Letkol Inf Diantoro perlu diangkat dan dikenalkam kepada publik. 

“Hari kemerdekaan ini kita manfaatkan untuk membantu warga mengenalkan potensi wisata yang mereka miliki. Sehingga, keberadaan Bukit Turgo Gunung Merapi ini menjadi lebih dikenal luas sebagai sebuah aset yang dimiliki oleh pemerintah dan masyarakat Yogyakarta,” terang Komandan Kodim 0732 Sleman Letkol. Inf. Diantoro yang menerangkan maksud pengibaran bendera merah putih di atas Bukit Turgo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES