Peristiwa Daerah

Warga Desa Pesanggrahan Persembahkan Hulu Bekti yang Kreatif dan Unik

Selasa, 20 Agustus 2019 - 14:04 | 54.46k
Tumpeng Hulu Bekti terbaik, kreatif dan unik diserahkan warga kepada Pemdes Pesanggrahan. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Tumpeng Hulu Bekti terbaik, kreatif dan unik diserahkan warga kepada Pemdes Pesanggrahan. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Arak-arakan Hulu Bekti di Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Senin (19/8/2019) malam dimanfaatkan warga untuk mempersembahkan Tumpeng Hulu Bekti yang kreatif dan unik untuk pemerintah desanya. 

Warga tidak hanya menyiapkan Tumpeng Hulu Bekti terbaik untuk dipersembahkan kepada Kepala Desa Pesanggrahan, namun mereka juga membuat Tumpeng Hulu Bekti se kreatif dan unik. 

Tumpeng-Hulu-Bekti-2.jpg

Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang membuat Tumpeng Hulu Bekti yang berukuran raksasa. Seperti warga RW 10 menyiapkan Tumpeng Hulu Bekti berukuran 3,5 meter kali 80 meter. 

Butuh 30 orang untuk mengangkat Tumpeng Hulu Bekti menuju ke Balai Desa Mayangsari. Membuat Tumpeng Hulu Bekti ini juga butuh waktu yang cukup lama. 

Di dalam tumpeng tersebut diisi polo pendem, rujak legi, dawet, buah-buahan, sayuran, tumpeng nasi kuning dan putih, dan ayam ingkung. 

"Beratnya 5 kwintal karena itu tadi diangkat dulu dengan menggunakan kereta dari RW kita menuju ke Balai Desa, baru setelah itu kita angkat, butuh 30 orang untuk mengangkat dari kereta ke Balai Desa," ujar Ketua RW 10, Ahmad Erry Jodiono. 

Hulu Bekti ini dibuat dengan dana swadaya warga RW 10 yang selalu dilakukan menjelang bersih desa. 

Menurut Erry, membuat dan menyerahkan Hulu Bekti ini sudah menjadi tradisi. Lewat kegiatan ini, warga Desa Pesanggrahan mendoakan leluhur yang sudah meninggal dunia sekaligus menjadi doa dan harapan agar warga diberikan keselamatan, rejeki barokah dan kesehatan. 

Kreativitas warga terlihat pada Hulu Bekti yang dibawa, karang taruna membawa gunungan yang berisikan sayuran kobis, sementara warga RW 5 Desa Pesanggrahan, Kota Batu juga membuat Tumpeng Hulu Bekti yang dihiasi seperti bangunan rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES