Peristiwa Daerah

Pre Eklampsia Penyebab Tinggi Kematian Ibu hamil di Kabupaten Blitar

Selasa, 20 Agustus 2019 - 12:37 | 125.12k
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Miftahul Huda. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Miftahul Huda. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Miftahul Huda menyatakan bahwa Pre Eklampsia menjadi penyebab kematian ibu hamil terbanyak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Di  pertengahan tahun 2019 ini, 15 Ibu hamil meninggal akibat Pre Eklamsia atau keracunan kehamilan.

"Untuk bayi kurang lebih 70 bayi meninggal. Eklamsia adalah keracunan kehamilan yang ditandai dengan hipertensi saat kehamilan, keluarnya protein melalui kencing kemudian adanya pembengkakan pada kaki," urainya, Selasa (20/8/2019).

Penyebab Pre Eklamsia, salah satunya adalah karena usia ibu hamil yang terlalu tua yaitu di atas 35 tahun. Fenomena yang terjadi di kabupaten Blitar menurutnya ibu hamil anak kedua rata rata di atas umur 35 tahun.

"Program KB perlu masuk untuk merencanakan kehamilan yang kedua jangan sampai anak pertama masuk dalam kehamilan aman sedangkan anak kedua terlalu jauh," tambahnya.

Ia menyebut, jika dibandingkan dengan tahun 2018 terjadi peningkatan yang signifikan, dimana pada tahun 2018 terjadi 10 Ibu yang meninggal akibat Pre Eklamsia.  "Kami akan terus berupaya melakukan tindakan pencegahan untuk menekan kasus ini yaitu dengan sosialisasi," jelasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES