Peristiwa - Daerah

U Save Children Wujudkan Mimpi Kecil Anak Penyintas Konflik Sampang

U Save Children Wujudkan Mimpi Kecil Anak Penyintas Konflik Sampang Kebahagiaan anak-anak Kelas Tunas Nera Academia saat mengunjungi Taman Safari Prigen bersama U Save Children, Minggu (18/8/2019).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Senin, 19 Agustus 2019 - 22:28

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Komunitas U Save Children berkolaborasi bersama Nera Academia menggelar acara Field Trip Goes to Taman Safari Prigen bagi anak penyintas, Minggu (18/8/2019).

Dengan dukungan para donatur dan relawan, serta support jet bus dari PT Galena Perkasa Logistics, konsumsi dari Amira Bilqis, Yuk Berbagi, serta bingkisan kecil Indah Kurnia, misi sosial tersebut terwujud.

U-Save-Children-2.jpg

U Save Children menghantar anak-anak yang telah enam tahun berada di pengungsian untuk menikmati wisata alam sekaligus belajar tentang satwa dan lingkungan. 

Meskipun baru pertama kali keluar dari Rusunawa Jemundo, terlihat keberanian dan senyum yang tiada henti selama perjalanan menikmati berbagai wahana di Taman Safari.

Seperti konservasi lumba-lumba, atraksi burung, atraksi harimau, dan safari adventure. Tidak ketinggalan aneka hadiah dengan menjawab pertanyaan menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk berani maju menyuarakan fikiran. “Mereka adalah anak-anak yang luar biasa, berani mengutarakan pendapat, optimis dan penuh keceriaan,” terang Lead of U.S.C, Lely Yuana.

Sebelumnya, orang tua sempat berat mengizinkan anak-anak tersebut untuk bepergian mengingat mereka tidak pernah keluar dari area tempat tinggal. Namun dengan usaha dari para relawan Nera Academia, acara yang telah digagas sejak dua bulan ini terlaksana. 

Lely mengatakan, Field Trip merupakan salah satu bentuk komitmen komunitas untuk menghadirkan kebahagiaan bagi anak-anak. “Sebagai langkah kecil kami menghadirkan visi baru dalam hidup setiap anak agar memiliki impian akan masa depan yang lebih baik,” terang Lely. 

U-Save-Children-3.jpg

Latar belakang kegiatan U.S.C ini melalui wawancara singkat dengan Nera Academia sebagai pendamping di Kelas Tunas, tempat anak-anak pengungsi dari Sampang mendapatkan pendidikan penunjang di samping sekolah non formal. Mereka merupakan siswa dari kelas 1-7. 

“Kami memberikan pilihan tentang keinginan anak-anak, hak setiap anak mendapat fasilitas bermain dan belajar yang memadai dan sebagainya. Saat kami bertanya, mereka ingin pergi ke kebun binatang,” tambahnya.

Acara ini, lanjut Lely, sekaligus memperingati HUT ke-74 RI sebagai simbol kemerdekaan anak-anak kurang beruntung untuk mendapat kebahagiaan yang setara. Dibuka dengan upacara bendera dan lagu penggugah semangat nasionalisme. Edisi-Selasa-20-Agustus-2019-E.jpgKomunitas dengan slogan Anak Bahagia tersebut akan terus melanjutkan misi sosial mewujudkan senyum kecil anak-anak Indonesia.

Dalam acara ini, U Save Children juga memberikan beberapa bantuan buku pelengkap literasi sekolah sebagai bagian dari program U.S.C Kids Reader.  "Hal kecil yang kami berikan hari ini semoga kelak menjadi pengingat dan motivasi bagi anak-anak pada masa mendatang,” pungkasnya. (*)

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration