Ekonomi

PNM dan Ayostart Gelar Pembukaan Pelatihan Klasterisasi Bisnis Kuliner Gastronomi

Senin, 19 Agustus 2019 - 21:46 | 83.00k
Suasana pembukaan pelatihan klasterisasi bisnis kuliner Gastronomi yang digelar PT PNM dan Ayostart di Ngawi, Senin (19/8/2019). (foto : Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Suasana pembukaan pelatihan klasterisasi bisnis kuliner Gastronomi yang digelar PT PNM dan Ayostart di Ngawi, Senin (19/8/2019). (foto : Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Ngawi bersama Ayostart, menggelar pembukaan pelatihan Klasterisasi Bisnis Kuliner Gastronomi di RM Milangkori, Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Senin (19/8/2019).

Acara tersebut di hadiri puluhan nasabah dan calon nasabah PNM ULaMM wilayah Ngawi.

"Total ada 58 orang yang datang. Mereka berasal dari Ngawi kota, Kedunggalar, dan Karangjati yang di jadikan satu untuk mengikuti pembukaan Pelatihan tersebut," ujar Octo Wibisono, Wakil Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PNM ULaMM Jakarta, Senin (19/8/2019).

Suasana-pembukaan-pelatihan-klasterisasi-bisnis-kuliner-Gastronomi-b.jpg

Octo mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari cara PNM ULaMM untuk mengembangkan usaha para nasabah. Khususnya, yang memiliki usaha dibidang kuliner.

"Agar usaha mereka bisa lebih maju, makannya kami adakan pelatihan Klasterisasi Gastronomi kepada nasabah dan calon nasabah," tuturnya.

Menurutnya, ada dua sisi pengembangan. Yakni, pertama pemberian modal dan pembiayaan. "Yang kedua selalu kami latih dan dampingi nasabah supaya bisnis mereka lebih berkembang lagi," terangnya.

Selanjutnya, Timoti Andre selaku Food and Beverage Consultan sekaligus narasumber dari Ayostart mengatakan, bahwa ilmu Gastronomi penting bagi seseorang yang menjalankan bisnis kuliner. Apalagi, bisnis di suatu daerah bisa dikembangkan melalui budaya, sejarah yang di jadikan satu dengan kuliner.

Suasana-pembukaan-pelatihan-klasterisasi-bisnis-kuliner-Gastronomi-c.jpg

"Peserta di sini kami latih salah satunya untuk memahami apa itu kuliner Gastronomi, ketika mereka paham nanti ilmu itu bisa diimplementasikan dan dapat menambah opsi bagaimana cara mamajukan bisnis mereka," katanya.

Sementara itu, acara yang diprakarsai oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama Ayostart berjalan meriah, terbukti dengan tingginya antusiasme dari peserta mengikuti Pelatihan Klasterisasi Bisnis Kuliner Gastronomi tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES