Sabtu, 21 September 2019
Ketahanan Informasi

Universitas Sanata Dharma Resmikan Gedung Kuliah Baru di Kampus Satu

Universitas Sanata Dharma Resmikan Gedung Kuliah Baru di Kampus Satu Suasana peresmian gedung kuliah baru Kampus USD. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Senin, 19 Agustus 2019 - 20:52

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUniversitas Sanata Dharma (USD) meresmikan gedung kuliah baru 6 lantai. Gedung yang berlokasi di Komplek Kampus 1 tersebut dibangun selama 2 tahun.

Hadir dalam peresmian yaitu Ketua Yayasan Sanata Darma, Romo A. Budi Susanto, SJ; Rektor USD, Johanes Eka Priyatma MSc PhD; Ketua Tim Pembangunan, Romo Andreas Sugijopranoto, SJ; Wakil Rektor III USD, Romo Paulus Bambang Irawan, SJ.

Peresmian-Gedung-USD-2.jpg

Kemudian, ada pula Dosen Prodi MIRB USD, Romo Benedictus Hari Juliawan, SJ; Dosen Prodi. Sastra Inggris USD, Romo P.S. Hary Susanto, SJ; dan Dosen Prodi,. Sejarah USD, Romo Heri Setyawan, SJ.

Acara misa dipimpin oleh Romo Petrus Sunu Hardiyanto yang juga Romo Provinsial SJ Indonesia. Kemudian, dilanjutkan pemberkatan gedung sekitar 30 menit yang dibantu oleh 5 Romo.

Ketua Tim Penbangunan, Romo Andreas Sugijopranoto, SJ menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan gedung ini hingga selesai. “Semoga gedung ini menjadi tempat yang aman bagi para mahasiswa untuk studi meraih mimpi-mimpi kalian di masa depan,” kata Andreas.

Rektor USD Johanes Eka Priyatma menyampaikan terimaksih kepada ketua panitia pembangunan yang telah berjuang keras selama hampir dua tahun.

Menurutnya, semua terwujud berkat sebuah mimpi hampir 50 tahun yang lalu sudah cukup lama. Tetapi, gedung ini akan membentuk kita lebih lama lagi mungkin 5 tahun untuk mahasiswa, puluhan tahun untuk para dosen dan lebih puluhan tahun lagi para pensiunan yang masih bekerja di USD.

“Itulah mengapa kita mendirikan gedung ini karena gedung inilah yang akhirnya membentuk kita semua hidup dan berkarya,” terang Eka

Eka menambahkan, keinginan memiliki gedung baru telah terwujud. Ia berharap, gedung baru dapat berkontribusi dan semakin mendalam dalam pengabdian tridarma dan dapat mengakomodasi lebih banyak mahasiswa untuk belajar di kampus ini.

Peresmian-Gedung-USD-3.jpg

“Kalau bermimpi hampir tidak ada batasnya siapapun boleh mimpi apapun, tetapi ketika mimpi diwujudkan maka akhirnya mimpi itu harus bertemu dengan realitas-realitas yang kita miliki. Salah satu realitas yang kita miliki dan juga sejalan dengan tradisi kita adalah bahwa USD adalah sebuah keluarga, sebuah komunitas akademik yang tidak bisa dipisahkan satu demi satu,” jelas Eka.

Eka menerangkan USD akan terus meningkatkan kualitas terutama bersaing dengan PTS-PTS baru. Baginya, yang paling pokok dari kriteria yang dibutuhkan untuk klasterisasi itu ada dua yakni Sumber Daya Manusia dan kinerja tridarma.

Pertama, kita harus meningkatkan kualitas SDM lewat perekrutan dengan jumlah yang cukup, lewat studi lanjut sehingga kompetensinya naik. Kedua, lewat kinerja tridarma kita melakukan berbagai macam kegiatan salah satunya adalah peluncuran berbagai macam skenario penelitian dengan harapan jumlah publikasi ilmiah akan naik termasuk juga mengikuti komptensi-kompetensi untuk memenangkan hibah penelitian.

“Gedung ini dipakai untuk kegiatan akademik termasuk pendukungnya laboratorium bahasa dan micro teaching untuk pembelajaran mahasiswa,” papar Eka.

Namun demikian, sebagian besar fasilitas di gedung baru ini akan di gunakan untuk Fakultas Sastra. Kemudian, digunakan untuk kegiatan dari program studi lain seperti FKIP. Sebab, USD memang tidak setiap fakultas mempunyai gedung sendiri-sendiri. Tetapi gedungnya sambung menyambung lalu dipakai bersama-sama sesuai dengan realitas kita sebagai Perguruan Tinggi Swasta.

“Harapanya hanya satu bahwa kami melayani kebutuhan mahasiswa secara lebih baik lalu kami bisa memberikan kontribusi yang lebih baik pula pada masyarakat,” kata Rektor Universitas Sanata Dharma ini saat meresmikan gedung kuliah baru di komplek kampus 1 USD. (*)

Jurnalis : Ahmad Tulung
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration