Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

KPM 2019-2 UWG Malang di Kelurahan Bunulrejo Dinilai Sukses

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:57 | 50.54k
Buku Karya Teknologi Tepat Guna, diserahkan ketua LPPM (kanan) Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS., kepada Rektor UWG (kiri) Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Buku Karya Teknologi Tepat Guna, diserahkan ketua LPPM (kanan) Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS., kepada Rektor UWG (kiri) Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor UWG Malang Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS., beserta jajaran pimpinan UWG lainnya menghadiri acara seremonial “Kunjungan Rektor & Evaluasi Akhir KPM 2019-2 Universitas Widyagama Malang” di Kantor Kelurahan Bunulrejo Kota Malang, Minggu (18/8/2019).

Pada kesempatan itu Rektor didampingi Wakil Rektor I/Ketua LPPM (Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS.), Dekan Fakultas (Dr. H.M. Sodik, MSi), Dekan Fakultas Teknik (Dr. Ir. Fachrudin, MT.), Kepala BPM (Dr. Ir. Sabar Setiawidayat, MT.), Direktur Pascasarjana (Prof. Muryati, SE.,MM.), Kepala Pusat Penelitian LPPM (Dr. Ir. Gigih Priyandoko, MT.), Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM (Ir. Elik Murni NN.,MP.), dan Sekretaris LPPM (Dra. Wahju Wulandari, MM.) serta dosen pembimbing KPM 2019-2 (Arie Restu, ST.,MT.,Phd) dan Zaenuddin, SE.

Rombongan dari UWG Malang itu berkesempatan melihat display produk hasil karya mahasiswa KPM yang dihasilkan dari kerjasama warga masyarakat kelurahan Bunulrejo dengan mahasiswa KPM Universitas Widyagama Malang.

UWG-Malang-2.jpg

Produk-produk tersebut adalah hasil karya inovasi mahasiswa KPM UWG diantaranya ada Mesin mixer adonan roti terbuat dari bahan kayu yang dimodifikasi, tempat sampah unik dan apik, sabun cuci, minuman instan dari hasil tanaman TOGA, aneka kue basah, buku taman baca untuk anak-anak, aneka makanan olahan lainnya. Rektor UWG dan rombongan merasa senang dan puas dengan apa yang telah dihasilan oleh para mahasiswa KPM 2019-2 tahun ini.

Acara seremonial secara resmi dibuka, diawali dengan sambutan dari wakil kelurahan Bunulrejo Kota Malang yang disampaikan oleh Sekretaris Lurah, yang menyampaikan pesan dari Ibu Lurah Bunulrejo (berhalangan hadir) bahwa; kegiatan KPM dari mahasiswa Universitas Widyagama Malang secara keseluruhan sangat bagus dan sangat membantu warga masyarakat kelurahan Bunulrejo Kota Malang.

Terlebih kegiatan tersebut bertepatan dengan kegiatan perayaan Idul Adha 1440 H dan peringatan HUT RI ke-74 yang mana warga masyarakat Bunulrejo merasa terbantu sekali dengan kehadiran mahasiswa UWG ditengah-tengah warga kami, bahu membahu membantu serta menjadikan kelurahan Bunulrejo menjadi ASRI dan nyaman.

Ketua LPPM UWG, Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS., menyampaikan bahwa kegiatan KPM 2019-2 dengan tema “pemberdayaan kelompok masyarakat untuk meningkatkan produktifitas” yang dilaksanakan di kelurahan Bunulrejo Kota Malang ini sangat tepat. Karena sebagian besar peserta KPM 2019-2 ini adalah mahasiswa dari reguler B, dimana rata-rata adalah mahasiswa yang sudah bekerja di instansi swasta maupun instansi pemerintah, sehingga mereka sudah terbiasa dengan dunia kerja.

"Harapannya dengan kegiatan KPM ini selain untuk menerapkan ilmu pengetahuan juga untuk mengajak mahasiswa peduli dengan lingkungan masyarakat secara langsung, berinteraksi dan menjalin hubungan silahturahmi dengan warga masyarakat," jelasnya.

Hasil akhirnya dari kegiatan KPM ini mahasiswa akan mendapatkan nilai yang merupakan bagian dari kurikulum wajib yang harus ditempuh semua mahasiswa semester V ke atas.

"Semoga apa yang dilakukan oleh mahasiswa KPM selama satu bulan ini dapat memberikan kontribusi positif pada warga masyarakat di kelurahan Bunulrejo Kota Malang, dan lembaga mendapatkan apresiasi positif serta ada Karya Teknologi yang bisa menjadi referensi untuk khasanah pustaka di Universitas Widyagama," harap Sukamto.

Kunjungan itu diisi dengan presentasi masing-masing kelompok, mulai dari kelompok 1 sampai kelompok 4. Secara umum masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kegiatannya di layar slide berupa powerpoint dan video kegiatan, mendapatkan apresiasi dari hadiran di ruang Hall pertemuan kantor Kelurahan Bunulrejo Kota Malang.

Rektor UWG menutup rangkaian kegiatan KPM 2019-2 selama satu bulan oleh mahasiswa di kelurahan Bunulrejo Kota Malang. Rektor UWG mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) terbukti dengan banyaknya produk-produk unggulan yang telah dihasilkan, dimana semuanya memiliki keunggulan karya inovasi yang tinggi.

UWG-Malang-3.jpg

"Kepada bapak/ibu warga masyarakat kelurahan Bunulrejo, Ibu Lurah dan bapak Ketua RW yang hadir, kami atas nama lembaga Universitas Widyagama Malang menyampaikan banyak terima kasih atas penerimaan yang baik pada mahasiswa kami selama lebih kurang satu bulan untuk melaksanakan kegiatan KPM," kata Rektor UWG Malang.

Kegiatan KPM ini adalah bagian dari kurikulum, dan keberhasilan kegiatan ini tentu menjadi ukuran mutu bagi UWG dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi.

Dalam pelaksanaannya, KPM UWG Malang juga diawasi/dinilai oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) Dr. Ir. Sabar Setiawidayat, MT., sebagai ketua BPM.

Ia menilai KPM yang dilakukan UWG Malang di Kelurahan Bunulrejo telah memenuhi standar-standar yang telah ditentukan di perguruan tinggi.

"Melihat dari apa yang dihasilkan dan sambutan serta apresiasi yang disampaikan oleh warga masyarakat, saya menilai kegiatan KPM 2019-2 sangat memuaskan," kata Sabar.

Acara ditutup dengan penyerahan produk kepada perwakilan masyarakat dari mahasiswa KPM yang diberikan mulai dari Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Ekonomi, Direktur Pascasarjana, Ketua BPM, dan penyerahan buku Karya Teknologi Tepat Guna (TTG) oleh Ketua LPPM kepada Rektor UWG Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES