Peristiwa Nasional

Fadli Zon Desak Pemerintah Ambil Langkah Cepat dan Tepat Atasi Kerusuhan Manokwari

Senin, 19 Agustus 2019 - 15:07 | 61.13k
Wakil Ketua DPR RI, Fadlizon. (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
Wakil Ketua DPR RI, Fadlizon. (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon minta pemerintah mengambil langkah cepat dan tepat untuk mengatasi aksi demonstrasi disertai kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. Sebab, kedua hal itu harus diperhatikan karena isu di Papua merupakan hal yang sensitif.

"Pemerintah harus bisa cepat menangani ini, karena kan Papua ini isu sensitif ya. Dari sejak dulu kami ingin harus ada penanganan yang cepat dan tepat," ujar Fadlizon di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Aksi massa terjadi di Manokwari, Papua Barat pagi ini sejak pukul 06.30 waktu setempat. Masyarakat turun ke jalan bersama mahasiswa. Mereka membakar ban-ban di berbagai sudut kota dan jalan protokol.

Diduga penyebab kerusuhan tersebut imbas dari pengepungan terhadap mahasiswa Papua yang terjadi di Surabaya dan Malang beberapa hari lalu. 

Fadlizon menilai, kecepatan dan ketepatan pemerintah dalam mengambil sikap atas situasi di Papua, khususnya di Manokwari merupakan hal yang penting. Fadlizon khawatir persoalan di Papua akan meluas jika pemerintah tidak bijak dalam bertindak.

Fadlizon juga mendorong pemerintah untuk menguatkan diplomasi dengan dunia internasional dalam mengatasi persoalan di Papua. Ia menyarankan pemerintah secara jujur menjelaskan situasi sebenarnya yang terjadi di Papua. "Jadi diplomasi kita ke dunia internasional juga harus kuat di dalam menjelaskan ini," imbuunya.

Lebih lanjut, Fadli berkata pemerintah juga harus menaruh perhatian serius dalam penegakan hukum di Papua. Ia menginginkan pemerintah menciptakan keadilan bagi semua pihak.

Khusus penegakan hukum terkait separatisme di Papua, ia menyarankan pemerintah menggunakan pendekatan yang bijaksana. Sebab, ia menyebut separatisme di Papua sangat membahayakan jika salah dalam mengambil kebijakan atau didiamkam oleh pemerintah.

"Jadi pendekatan terhadap berbagai macam masalah, baik itu separatisme maupun menyangkut SARA perlu ada kehati-hatian," ujarnya.

Di sisi lain, Fadlizon mengingatkan semua pihak tidak melakukan tindakan yang bermuatan SARA. Sebagai negara paling toleran, Indonesia memberi kesempatan yang sama kepada semua warganya untuk memperoleh haknya.

"Jangan membiarkan berlarut-larut terutama mereka yang menjadi influencer atau tokoh berpengaruh harus duduk bersama menenangkan supaya ini tidak merembet dan menjadi bola salju," tandas Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mendorong pemerintah langkah cepat dan tepat untuk mengatasi aksi demonstrasi disertai kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES