Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Daerah

Pendaftaran Pilkades Dua Desa di Kota Batu Diperpanjang

Pendaftaran Pilkades Dua Desa di Kota Batu Diperpanjang Kasubbag Pemdes, Bagian Pemerintahan Kota Batu, Abdul Salam. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Senin, 19 Agustus 2019 - 14:50

TIMESINDONESIA, BATU – Pendaftaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada dua desa di Kota Batu, Jawa Timur terpaksa harus diulang atau diperpanjang. Pendaftaran tahap kedua karena persyaratan bakal calon kades tidak terpenuhi. Dua desa tersebut adalah Desa Sumberjo, Kecamatan Batu dan Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. 

Desa Sumberjo mengikuti tahap kedua karena empat bakal calon kades yang mendaftar, persyaratan administrasinya kurang lengkap. 

"Keempat-empatnya bakal calon kades syarat administrasinya kurang lengkap, hal ini diketahui setelah diverifikasi panitia tingkat desa, semua masih kurang surat keterangan dari Pengadilan Negeri," kata Kasubbag Pemdes, Bagian Pemerintahan Kota Batu, Abdul Salam. 

Salah satu syarat bakal calon kades yang harus dipenuhi adalah surat keterangan dari Ketua Pengadilan Negeri bahwa yang bersangkutan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan PN yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dengan ancaman pidana penjara paling singkat lima tahun lebih. 

Keempat bakal calon kades Sumberjo ini masih memiliki kesempatan untuk melengkapi berkas pada pendaftaran tahap dua yang berakhir pada 28 Agustus 2019 mendatang. 

Sementara desa lain yang harus memanfaatkan pendaftaran tahap kedua ini adalah Desa Gunungsari, dimana desa ini hanya ada satu bakal calon kepala desa yakni Andi Susilo yang tidak lain bakal calon kades incumbent. 

"Kita sudah sosialisasi kepada warga Desa Gunungsari, kalau memang sampai pendaftaran tahap kedua tidak ada dua bakal calon kades, terpaksa harus ditunda pelaksanaan Pilkades tahun 2019 ini, baru bisa ikut Pilkades serentak tahun 2022 mendatang, kan eman-eman," katanya. 

Karena itu ia berharap sebelum pendaftaran tahap kedua Pilkades ditutup, sudah ada bakal calon lain yang mendaftarkan diri. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration