Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Daerah

Kekeringan Gresik, BPBD Sudah Kirim Air Bersih ke 30 Desa

Kekeringan Gresik, BPBD Sudah Kirim Air Bersih ke 30 Desa Petugas BPBD Gresik saat mengisi air tangki yang akan disalurkan ke desa terdampak (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Senin, 19 Agustus 2019 - 14:47

TIMESINDONESIA, GRESIKKekeringan yang melanda 59 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mulai teratasi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mengirimkan air sejak satu pekan lalu. Hingga saat ini, sudah ada 30 desa yang dikirim air bersih.

Dari hasil verifikasi, 59 desa yang kekeringan tersebut berada di Kecamatan Cerme, Balongpanggang, Benjeng, Kedamean, Duduksampeyan, Sidayu, Menganti dan Bungah.

"Hingga saat ini sudah separoh desa yang mengalami kekeringan kita kirim air bersih. Sudah ada 30 desa," kata Kepala BPBD Tarso Sagito melalui Plt Kedaruratan Kedaruratan dan Logistik Dianne Hetty Widajati, Senin (19/8/2019).

Dikatakan Dhianne, pihaknya mengalokasi 1.000 tangki air bersih yang akan disalurkan ke seluruh desa terdampak. Dari angka itu, BPBD berjanji akan melakukan pengiriman ke semua desa terdampak.

Jika 1000 tangki itu masih kurang, BPBD tambah Dianne akan menganggarkan lagi melalui P-APBD 2019.

"Setiap hari kita lakukan pengiriman. Intinya warga terdampak kekeringan harus tercover. Setiap hari kita kirim air, kita prioritaskan ke desa yang paling parah serta yang banyak penduduknya," imbuhnya.

Menurut kajiannya, Dhiane memprediksi, musim kemarau tahun ini lebih panjang. "Sepertinya hingga bulan depan (September akhir)," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Benjeng, Sishadi Wilopo mengatakan, ia kesulitan air bersih di wilayahnya terjadi sejak tiga bulan lalu.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa membeli air karena sumber tidak ada. "Adapun pasti airnya asin," imbuhnya.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, warga mengeluarkan uang Rp 20.000 hingga Rp 40.000 untuk membeli air bersih untuk keperluan mandi, memasak dan mencuci.

"Alhamdulillah, sudah dapat bantuan air bersih," ucapnya bersyukur usai mendapatkan bantuan air bersih dari BPBD Gresik. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration