Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Daerah

Warga Sragen Dihebohkan Kemunculan Api dari Bekas Sumur

Warga Sragen Dihebohkan Kemunculan Api dari Bekas Sumur Warga menyaksikan langsung fenomena api alam yang ada di Dusun Banyu Urip, Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (Foto: Mukhtarul Hafidh/TIMES Indonesia)
Senin, 19 Agustus 2019 - 14:24

TIMESINDONESIA, SRAGEN – Warga Dusun Banyu Urip, Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dihebohkan dengan munculnya api dari dalam lubang bekas pengeboran sumur.

Kapolsek Tanon AKP Heru Budiharto menjelaskan, pihaknya sudah memasang garis polisi. Warga hanya diperbolehkan mendekat dengan jarak maksimal 3 meter dari munculnya api. 

"Kemarin dapat laporan langsung kita pasang police line. Warga kita imbau jangan dekat dekat," ujar Kapolsek Tanon AKP Heru Budhliharto mewakili Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Senin (19/8/2019).

fenomena-api-alam-b.jpg

Menurut Heru, sebenarnya tidak ada bau gas alam yang menyengat di sekitar munculnya api. Namun antisipasi dilakukan guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Tidak ada bau gas, bau racun apa, sama sekali tidak ada. Sudah kita berikan police line," jelasnya.

Sementara itu, Camat Tanon Suratman saat berada di lokasi mengatakan, kemunculan api dari alam ini, telah melaporkan kepada pihak terkait terutama Dinas Lingkungan Hidup. Pihaknya meminta untuk dilakukan kajian, apakah dengan adanya api yang muncul dari tanah ini dapat membuat polusi masyarakat atau malah justru dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

fenomena-api-alam-a.jpg

"Dengan adanya fenomena ini, saya sudah melaporkan kepada pihak terkait utamanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  untuk melakukan kajian. Karena dari tadi malam api masih menyala terus. Apabila ini dapat bermanfaat untuk masyarakat saya akan dorong pemerintah desa untuk mengelola fenomena langka ini," ungkap Suratman.

Untuk diketahui sebuah fenomena alam, api muncul dari lubang bekas sumur di pekarangan milik Rebo, warga Rt. 22, Dukuh Banyu Urip, Desa Bonagung, Kecamatan Tanon. Api menyembur dari dalam tanah. Munculnya api seperti obor setinggi 50 sentimeter dengan kedalaman 50 meter dan diameter lubang 10 centimeter tersebut, menggemparkan warga setempat. (*)

Jurnalis : Mukhtarul Hafidh (MG-198)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration