Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

PKM UWG Malang Bikin Akses Wifi SMP Muhammadiyah 4 Singosari Meluas

Senin, 19 Agustus 2019 - 05:08 | 224.95k
Dr. Diky Siswanto (kanan) menyerahkan simbolik perangkat wireless access point kepada Kepala SMP Muhammadiyah 4 Singosari, Thoyib, SPd. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Dr. Diky Siswanto (kanan) menyerahkan simbolik perangkat wireless access point kepada Kepala SMP Muhammadiyah 4 Singosari, Thoyib, SPd. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Dr. Diky Siswanto, dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Kampus Inovasi UWG Malang menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Tahun 2019 ini PKM yang diangkat bertajuk "PKM Evaluasi dan Optimisasi Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunukasi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang".

Diky menyadari bahwa akses internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia di era revolusi industri 4.0 ini. Tidak hanya kantor pemerintah dan swasta, perguruan tinggi, sekolah-sekolah, rumahtangga bahkan di tempat-tempat umum tertentu, kemudahan akses internet menjadi daya tarik orang untuk mengunjungi suatu tempat.

Ini yang menjadi dasar Diky menggandeng mitra SMP Muhammadiyah 4 Singosari sebagai wahana pengabdiannya sebagai seorang dosen. Jaringan internet di sekolah yang berjarak 8.4 km dari Kampus Inovasi ini, hanya mampu menjangkau ruang TU, laboratorium komputer dan sejumlah ruangan di lantai 1 saja. Sementara sekolah menengah pertama ini memiliki gedung berlantai 3 dan belum memiliki kekuatan, baik dari sisi SDM, teknologi maupun anggaran untuk menambah bandwith internet dari Internet Service Provider (ISP).

LPPM-UWG.jpg

Dibantu oleh Dr. Gigih Priyandoko dan Ir. Ngudi Tjahjono, MSc serta 3 orang mahasiswa (Riska dan Budi dari Prodi Teknik Elektro dan Iqbal dari Prodi Teknik Informatika) dan seorang laboran, Diky melakukan pendekatan siklus pengembangan jaringan.

Tim beranggotakan 7 orang ini kemudian merancang dan membangun ulang infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta mengkonfigurasi manajemen bandwith dengan mempertimbangkan keamanan dan pemerataan akses bagi seluruh pengguna di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Ken Arok 4 Pagentan Singosari Kabupaten Malang ini.

Melalui serangkaian kegiatan program hibah yang dimulai pada Bulan April 2019 ini, Diky dan timnya berhasil memecah akses internet telkom speedy menjadi dua jalur, yaitu jalur 1 ke arah jaringan kabel dan jalur 2 ke arah jaringan nirkabel atau wireless. Hasilnya, akses wifi dapat menjangkau seluruh area lantai 1 dan 2. Lantai 3 diakui masih menjadi kendala, karena sinyal lemah dan ada interferensi dari wireless access point lantai 1.

Keberhasilan salah satu tim dari Fakultas Teknik ini dikunjungi oleh Ketua LPPM Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS, beserta jajaran LPPM, yaitu Dra. Wahju Wulandari, MM (sekretaris) dan Ir. Elik Murni NN, MP (Kapus Abdimas) pada Monitoring dan Evaluasi Internal yang diadakan pada Rabu 14 Agustus 2019 yang baru lalu.

Hasil ini sangat memuaskan mitra SMP Muhammadiyah 4 Singosari, semua lokasi di lantai 1 dan lantai 2 sekolah ini mampu mengakses internet. Kepada pengguna SMP Muhammadiyah 4 Singosari, Diky dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UWG Malang berharap hasil ini dapat dipelihara dengan baik dan dengan satu pesan untuk selalu mengingatkan kepada para siswa agar bijak menggunakan kemudahan jaringan internet yang ada di sekolah hanya untuk mengetahui hal-hal yang positif dan konstruktif saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES