Kesehatan

Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Alzheimer?

Senin, 19 Agustus 2019 - 05:17 | 48.62k
Ilustrasi minum kopi.
Ilustrasi minum kopi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kopi semakin digandrungi masyarakat. Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata kopi memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kopi disebut bisa mengurangi risiko alzheimer dan parkinson. Benarkah demikian?

Dilansir dari Nova, sebuah riset dilakukan oleh peneliti di Brain Institute, Kanada, menemukan, ada dampak menguntungkan bagi kesehatan karena minum kopi.

Ada senyawa dalam kopi yang disebut fenilindan muncul selama proses roasting. Fenilindan tidak hanya menimbulkan rasa pahit pada kopi tetapi juga menghambat penggabungan protein beta amiloid dan protein tau.

Kedua protein itu banyak ditemukan dalam otak pasien yang menderita alzheimer dan parkinson.

Menurut pendapat Dr Ross Mancini, seorang peneliti kimia medis yang turut serta dalam riset ini, temuan tersebut sangat penting terkait pencegahan penyakit degeneratif ini.

Menurut dia, langkah lanjutan yang perlu diambil adalah menyelidiki manfaat senyawa ini, serta menganalisis kemampuannya untuk memasuki aliran darah, atau melewati penghalang darah-otak.

Dalam riset ini, peneliti menggunakan larutan ekstrak kopi dalam air, di mana kopi yang dipakai 100 persen kopi instan arabika.

Hasil menunjukkan kopi yang dengan proses roasting tinggi memberi perlindungan paling besar terhadap penyakit alzheimer dan parkinson. Namun, periset menyatakan masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebelum kopi digunakan untuk perawatan medis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES