Sabtu, 21 September 2019
Politik

NasDem, PAN dan PPP Berkoalisi Bentuk Fraksi RAP di DPRD Tuban

NasDem, PAN dan PPP Berkoalisi Bentuk Fraksi RAP di DPRD Tuban Penandatanganan bersama Koalisi Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) DPRD Tuban, Minggu, (18/08/2019). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Minggu, 18 Agustus 2019 - 15:57

TIMESINDONESIA, TUBAN – Tiga partai besar yakni, NasDem, PAN dan PPP Kabupaten Tuban saling berkoalisi dan membentuk Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) di DPRD Tuban periode 2019-2024.

Deklarasi gabungan tiga partai Islam dan Nasionalis ini, secara resmi diumumkan dalam pertemuan dan penandatanganan deklarasi F-RAP oleh masing-masing ketua pimpinan ketiga partai di D Amnu jalan Al Falah Tuban, Minggu, (18/08/2019).

Ketua Panitia deklarasi, Rasmani dari Partai NasDem menyampaikan, awal pencetusan dan pembentukan koalisi ini berawal dari bincang bersama di bulan puasa kemarin.

"Karena merasa sama-sama memiliki visi dan misi yang sama, maka kita putuskan untuk membentuk koalisi ini," paparnya.

Rasmani menambahkan, berharap Fraksi RAP bisa menjadi promotor dan motivator fraksi lain di DPRD Tuban untuk membuat Bumi Wali Tuban semakin maju. Sebagai mana motto Fraksi RAP, "Kesejahteraan bersama hanya dapat terwujud bila dilakukan dengan cara kolaborasi bukan berkompetisi,"

Terbentuknya koalisi bersama ini, membuat Fraksi RAP memiliki total 7 kursi di DPRD Tuban, rinciannya, masing-masing 2 kursi dari Partai NasDem dan PPP, serta 3 kursi dari PAN.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN, Agung Supriyanto, mengatakan, deklarasi ini terlahir dari kegalauan bersama, yang merasa kalau Tuban belum ada perubahan dan terkesan statis.

"Tuban ini banyak industri, terutama tambang kapur dan minyak. Tapi kenapa kesenjangan sosial dan kemiskinan masih cukup tinggi, pekerjaan susah. Atas kegalauan ini kita berkoalisi untuk membuat Tuban semakin baik," beber Agung.

Agung menyampaikan, setelah terbentuknya koalisi ini selanjutnya akan melaksanakan sillaturrahmi dan kunjungan ke semau Parpol di Tuban.

"Agenda politik kita selanjutnya, kita nanti akan melakukan silaturrahmi dan roaad show ke semua partai di Tuban untuk menyatukan persepsi yang sama atas ikhtiar fraksi kita," beber Agung yang jugavterpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jatim 2019-2024.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PPP Tuban, Aguk Sihabudin, memgharapkan Fraksi RAP ini kedepan bisa bekerja maksimal, khususnya terkait dengan substansi visi misi dan tujuan koalisi bersama ini.

"Yang terpenting, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan kesenjangan sosial harus harus bisa tertangani. Dan dengan wujud kekuatan ini, kita harapkan pula Tuban bisa menjadi lebih berkembang dan maju," bebernya.

Ketua DPD Partai Nasdem, Sumantri, menambahkan, meski ia tak masuh sebagai anggota di DPRD Tuban, ia akan memerintahkan kepada wakil dari partai NasDem untuk berkolabirasi secara baik di Fraksi RAP ini.

"Yang terpenting harus mensejahterakan rakyat dan membuat tuban menjadi maju. Wakil rakyat harus bisa memberikan apa yang diinginkan rakyat," paparnya.

Sumantri berharap Fraksi RAP di DPRD Tuban ini bisa menjadi kolisi yang solid dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Tuban. (*)

Jurnalis : Achmad Choirudin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Registration