Peristiwa - Daerah

177 Napi di Bangkalan Dapat Remisi Kemerdekaan, 10 Orang Langsung Bebas

177 Napi di Bangkalan Dapat Remisi Kemerdekaan, 10 Orang Langsung Bebas Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron memberikan remisi secara simbolis kepada narapidana Rutan Kelas IIB Bangkalan. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 23:14

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Sebanyak 177 narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mendapat remisi HUT Kemerdekaan ke-74 RI. Dari 177 napi ini, 10 orang di antaranya langsung bebas.

Pengurangan masa tahanan itu, berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Perinciannya, 167 napi mendapat remisi umum pertama, dan 10 napi mendapat remisi kedua atau langsung bebas pada 17 Agustus 2019.

Pemberian remisi bagi ratusan napi tersebut, diberikan secara simbolis oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron di Pendapa Agung usai melaksanakan upacara HUT Ke-74 RI.

"Narapidana yang telah memenuhi syarat dan berkelakuan baik mendapat berkah Hari Kemerdekaan berupa pengurangan masa tahanan," ucapnya kepada TIMES Indonesia yang sedang merayakan ulang tahun ke-4.

Selain memberikan remisi kepada napi, perayaan hari lahirnya bangsa Indonesia di Kabupaten Bangkalan juga diisi dengan pemberian santunan terhadap veteran dan anak yatim.

"Santunan ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa veteran yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia. Kami juga ingin berbagi kebahagiaan dengan anak yatim," terang Ra Latif sapaan akrabnya.

Ia mengungkapkan, sejarah perjuangan para veteran tidak boleh dilupakan. Mereka adalah pahlawan kemerdekaan yang rela berkorban jiwa dan raga demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Napi, veteran dan anak yatim sama-sama bisa merasakan kebahagian di Hari Kemerdekaan," jelas Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron. (*)

Jurnalis : Doni Heriyanto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Registration