Sabtu, 21 September 2019
Wisata

Patung Semar Ikon Baru Wisata Setigi Gresik

Patung Semar Ikon Baru Wisata Setigi Gresik Kades Sekapuk Abdul Halim saat meresmikan patung semar sebagai ikon baru Wisata Setigi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 18:26

TIMESINDONESIA, GRESIKPatung Semar setinggi tiga meter diresmikan. Patung ini menjadi ikon baru di wisata Setigi atau Selo Tirto Giri di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Patung salah satu tokoh punakawan tersebut tampak apik dengan hiasan bunga melati di bawahnya. Patung ini merupakan karya seniman asal Yogyakarta.

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim mengatakan peresmian patung semar itu menjadi salah satu ikon baru di Wisata Setigi.

Patung-Semar-a.jpg

Alasan membangun patung ini menyimbolkan agar para pemimpin di Indonesia memiliki sifat bijaksana dan rendah hati. Sedangkan bunga melati melambangkan harumnya tempat yang dipijak.

"Ini ikon baru di Wisata Setigi. Selain patung semar, ada pula beberapa patung lagi yang akan kami bangun di sini, ini dari dana swadaya masyarakat," katanya, Sabtu (17/8/2019).

Dikatakan Halim, momentum kemerdekaan ini ia berharap semakin banyak muncul para pemimpin seperti tokoh semar dalam pewayangan.

Dia menjelaskan, Nama Setigi sendiri merupakan singkatan dari Selo Tirto Giri yang memiliki arti batu, air dan bukit. Wisata ini dikelola oleh BUMDes Sekapuk yang tahun ini target net profitnya mencapai 2,1 Miliar pertahun.

Selain patung Semar, ke depan juga akan dibangun patung Dwarapala dan Gupala untuk melengkapi wisata setigi.

"Target 2020 wisata setigi ini selesai. Tahun baru besok kita sudah bisa launching wisata ini. Kami juga bangun jembatan peradaban, rumah adat dan modern dengan danau serta air terjun dikelilingnya," ungkapnya usai meresmikan patung semar sebagai ikon baru. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration