Sabtu, 21 September 2019
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

KKN 114 UMM Bantu Pemerintah Tekan Angka Stunting dan Stroke dengan Cara ini

KKN 114 UMM  Bantu Pemerintah Tekan Angka Stunting dan Stroke dengan Cara ini Antusiasme warga dusun sebaluh pujon mengikuti kegiatan yang diadakan KKN 114 UMM. (FOTO: AJP/TIMES Inonesia)
Kamis, 15 Agustus 2019 - 21:08

TIMESINDONESIA, MALANGKKN 114 UMM memberikan pelatihan dan edukasi pada seluruh kader posyandu di Desa Pandesari, Kec Pujon, Kab Malang, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan yang digelar oleh Divisi Kesehatan KKN Universitas Muhammadiyah Malang ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pada kesehatan warga.

pelatihan-Posyandu-2.jpg

Edukasi meliputi pengetahuan bayaha stroke dan stunting pada balita. Diketahui angka stroke dan stunting di desa tersebut sangat tinggi.

Sedangkan di tingkat nasional angka stunting mencapai hingga 30,8 persen. Sementara stroke merupakan penyebab kematian yang menduduki urutan nomor dua di dunia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Posyandu Lestari Dusun Jurangrejo yang di pimpin oleh Eva, perawawat Desa Pandesari.

"Kami memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak mengenal waktu, hal ini sebagai wujud pelayanan kami kepada warga sekitar yang memerlukan bantuan kesehatan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat," tutur Ibu Eva selaku perawat Desa Pandesari.

pelatihan-Posyandu-3.jpg

Mahasiswa KKN UMM 114 melibatkan semua kader posyandu untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan penanganan stunting. Pemberian materi tentang Stunting dilakukan oleh Novianita Anugrah Islami sebagai Ketua Divisi Kesehatan dan pemberian materi terkait pencegahan Stroke dilakukan oleh Ivan Kusumajati sebagai penanggung jawab program kerja warga sehat.

"Kehadiran kami di sini selain menjalankan tugas pokok yang berbatasan dengan ilmu dan pengetahuan, namun kami juga harus memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, salah satunya memberikan program pelatihanpencegahan dan penanganan stroke dan stunting berdasarkan ilmu yang sudah kami dapat dan pelajari di kampus," ujar Suharni Raufe selaku anggota Divisi Kesehatan KKN 114 UMM(*)

Jurnalis : Puji Pranoto/Andrian (CR-151)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration