Sabtu, 21 September 2019
Peristiwa - Nasional

Ini Penjelasan Jokowi Soal Baju Adat Bali saat Upacara Peringatan HUT ke-74 RI

Ini Penjelasan Jokowi Soal Baju Adat Bali saat Upacara Peringatan HUT ke-74 RI Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung asal Bali saat upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (FOTO: Istimewa)
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 13:02

FOKUS BERITA

HUT Ke-74 RI

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung asal Bali saat menghadiri upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Baju adat Klungkung yang dikenakan Jokowi bermotif hitam, dipadu dengan kain batik sebagai bawahan serta tutup kepala.

Jokowi turut menggandeng cucunya Jan Ethes Sri Narendra. Putra sulung Jokowi yang juga ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming, turut ikut serta.

Jan Ethes mengenakan baju adat berwarna emas, lengkap dengan tutup kepalanya. Sementara Gibran mengenakan baju putih yang juga dipadu kain batik dan penutup kepala.

"Kita kan sudah 5 tahun ini sudah ganti-ganti, dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua," ucapnya.

"Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan, jumlahnya ribuan, nanti sampai ke Maluku, Papua semua akan kita (pakai)," sambung Presiden Jokowi menjelaskan alasan dibalik dirinya mengenakan baju adat asal Bali saat upacara HUT ke 74 RI. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration