Peristiwa Daerah

Warga Tiris Probolinggo Upacara HUT Ke-74 RI di Candi Kedaton

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 11:48 | 86.87k
Upacara HUT ke-74 RI oleh warga Kecamatan Tiris, di depan Candi Kedaton, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko/TIMES Indonesia).
Upacara HUT ke-74 RI oleh warga Kecamatan Tiris, di depan Candi Kedaton, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – style="margin-left:0cm; margin-right:0cm; text-align:justify">Masyarakat yang tinggal di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar upacara HUT ke-74 RI di Candi Kedaton, di desa setempat. Warga yang mengikuti upacara memakai baju bebas sesuai dengan profesinya.

Warga yang tani, menggunakan pakaian tani, yang digunakan ke sawah sehari-hari. Busana warga apa adanya. Masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti upacara.

Upacara dipimpin langsung oleh Agus Subiyanto, yang merupakan Ketua Kelompok Sadar Wisata Airlangga Adventure. Hadir juga ikut upacara tersebut, habib Mahdi, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Menurut politisi dari PPP itu, yang mengikuti ucapara adalah warga sekitar Candi. Upacara dilakukan di depan Candi Kedaton, yang merupakan Candi peninggalan Kerajaan Majapahit, yang ada di Probolinggo.

Upacara-HUT-ke-74-RI-v2.jpg

“Upacara itu, untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta kepada NKRI kepada warga setempat. Semua harga juga berhak melakukan upacara kemerdekaan sebagai bentuk menghomati para pejuang yang sukses merebut kemerdekaan RI,” katanya, Sabtu (17/8/2019).

Jiwa nasionalisme katanya, harus terus ditanamkan kepada warga dan utamanya anak muda sebagai penerus bangsa. Jangan sampai jiwa nasionalisme itu luntur dari hati warga Indonesia. “Apalagi, saat ini banyak gerakan yang mengancam NKRI,” katanya kepada TIMES Indonesia.

Upacara-HUT-ke-74-RI-v3.jpg

Sementara itu, menurut Agus Subianto, upacara digelar di depan Candi Kedaton, untuk mengajak warga menjaga situs peninggalan sejarah Nusantara. “Candi ini sudah berdiri sejak masa kerajaan majapahit. Harus dilestarikan dan harus menjadi edukasi sejarah bagi wisatawan,” katanya.

Dengan upacara HUT ke-74 RI bersama warga sekitar Candi Kedaton itu harapnya,  jiwa nasionalisme terus tertanam dalam jiwa raga setiap warga, khususnya warga di kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES