Peristiwa Nasional

Marinir Indonesia dan Amerika Kejar Musuh di Hutan Selogiri

Jumat, 16 Agustus 2019 - 22:06 | 170.04k
Prajurit Korps Marinir TNI AL saat berkoordinasi dengan Marinir Amerika Serikat di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi. (Foto: Dispen Kormar for TIMES Indonesia)
Prajurit Korps Marinir TNI AL saat berkoordinasi dengan Marinir Amerika Serikat di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi. (Foto: Dispen Kormar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Prajurit Korps Marinir TNI AL (Indonesia) dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 menggelar pengejaran musuh di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (16/8/2019).

Pengejaran tersebut menggunakan taktik patroli tempur dipimpin Komandan Kompi Latihan Lettu Mar Presly dan mengerahkan dua peleton dengan komandan peleton Lettu Mar Irsyadul serta Lettu USMC Clark.

Kegiatan yang dipantau langsung Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung dan Kapten USMC Alfarado tersebut merupakan salah satu materi dalam Latihan Bersama Platex 2019 yang bertujuan meningkatkan kerja sama dan komunikasi marinir kedua negara dalam hubungan peleton.

Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019 mengatakan, patroli tempur ini dilaksanakan untuk mengasah naluri tempur marinir kedua negara dihadapkan dengan medan hutan lebat dan berbukit. Latihan ini juga bertujuan meningkatkan profesionalisme Komandan Peleton dalam memanuverkan prajuritnya.

Selain Patroli Tempur, lanjutnya, dalam Latma Platoon Exchange tahun 2019 yang akan berlangsung hingga 27 Agustus 2019 tersebut juga dilatihkan beberapa materi lainnya diantaranya Tembak Tempur Offensive (TTO), Tembak Tempur Defensive (TTS), GMUK, Serangan, pertempuran jarak dekat dan jungle survival.

“Selain berlatih perang, besok pagi tanggal 17 Agustus 2019, marinir kedua negara (Indonesia dan Amerika Serikat) juga akan melaksanakan berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di daerah latihan Hutan Selogiri,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES